Inilah Alasan Kenapa Bentuk Bumi itu Bulat, Bukan Kotak atau Segitiga

CASHDIK.COM - Kenapa bumi itu bulat, kok nggak kotak atau bentuk lainya? Terdengar sebagai pertanyaan bodoh, namun apakah kamu tau penjelasan ilmiahnya?


Kenapa bumi itu bulat?

Kita harus tahu bahwa planet yang kita tinggali ini  terbentuk sejak 4,5 Milyar tahun yang lalu. Berawal dari debu dan gas yang saling menarik untuk membentuk planet bumi, pendeknya semua berawal dari gravitasi. Semua benda yang punya masa makan terkena gravitasi termasuk kita manusia sendiri.
Dalam hukum gravitasi 'masa akan menarik masa lainya' semakin besar benda atau masa tersebut maka gravitasinya akan semakin besar. Itulah alasan kenapa bumi mengorbit matahari dan bulan mengorbit bumi karena masa saling tarik menarik

alasan kenapa bumi itu bulat


Sekali lagi bumi adalah hasil dari debu dan gas yang tarikk menarik dan menghasilkan bumi bulat yang solit. 

Tapi kenapa harus bulat? Kenapa nggak kotak atau datar? Jawabanya sederhana yaitu karena bentuk lingkaran adalah bentuk yang paling efisien bagi material untuk saling menarik. Sedangkan kotak memiliki sudut yang tidak terjangkau layaknya jam dinding berbentuk kotak yang keempat sudutnya tak terjangkau jarum jam.


Lalu mengapa benda lain seperti pohon, mobil dan gunung tidak berbentuk bulat, padahal benda tersebut tentu juga punya gravitasi? Jawabanya juga sederhana, yaitu gravitasi mereka tidak sebesar bumi. 

Baca juga:
Kenapa Mata Kucing Bisa Menyala Dalam Gelap?

Asteroit yang besar pun bentuknya juga tidak bulat atau mendekati bentuk bulat tergantung ukuran dan masa asteroit tersebut. Oleh karena itu bentuk bulat menjadi salah satu acuan layak tidaknya sebuah benda disebut planet

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2QatObA

    BalasHapus