Inilah Alasan Mengapa Ada Batu Kerikil di Rel Kereta Api

Inilah Alasan Mengapa Ada Batu Kerikil di Rel Kereta Api

CASHDIK.COM - Dulu saya sempat heran dan sering mikir 'Kenapa sih rel kereta di kasih koral? kenapa harus di rel kereta, kenapa gak di taruh di rumah warga?' kan lumayan buat ngecor rumah hehe. Sayangnya batu-batu ini gak boleh di ambil sembarangan.

Bagi kamu yang jadi pengguna kereta api pasti sering lah ketemu sama kerikil yang ada pada rel ini. Tapi apa kalian pernah tau bahwa ternyata itu ada alasan ilmiahnya lho. Jadi inilah 5 alasan logisnya bray, simak ya:

Baca juga: Bagaimana Gangguan Kepribadian Ganda Bisa Terjadi?



1. Meminimalisir Tumbuhnya Tanaman

Tanaman bisa tumbuh dengan adanya cahaya, tapi hadirnya batu ini tentu akan membatasi sinar matahari ke tanah area rel kereta. Jadi walaupun ada benih yang akan tumbuh dari dalam tanah pun akan kesulitan karena dibebani kerikil.

Baca juga: Mengenal Istilah Hode yang Sering Dipakai Netizen


Coba deh agan bayangin kalo gak ada kerikilnya, tiba-tiba tumbuh pohon beringin di pinggir rel kan bahaya. Selain itu kerikil juga dapat menstabilkan tanah saat dilewati oleh kereta.

2. Sebagai Bantalan Pemberat

Bebatuan kerikil yang terkumpul di sekitar rel kereta api juga berfungsi sebagai pemberat agar balok atau kayu si penyangga ini tidak mudah goyah. Adanya batu kerikil pada batangan bantalan rel, membantu rel untuk tetap stabil. Dengan begitu, kereta api diatasnya dapat melaju dengan baik dan aman.

3. Penahan Getaran

Coba deh bayangin kalau rel kereta hanya disangga oleh sepasang baja. Pasti getaranya gede banget pas keretanya lewat. Batu-batu kerikil ini berfungsi sebagai material khusus yang menopang stabilitas antara kendaraan dan struktur rel kereta.

Maka dari itu gan, dengan adanya bebatuan kerikil bermanfaat sebagai penahan getaran dan juga dapat mengurangi goncangan yang terjadi saat kereta api melintas serta dapat memperpanjang usia relnya sendiri.

4. Pencegah Erosi

Kerikil yang terkumpul di sekitar rel kereta api juga berfungsi sebagai pencegah erosi. Karena bila hujan dan banjir tiba, akan berakibat pada pengikisan dan erosi tanah yang berada di bawah rel kereta.

Jika sampai terjadi erosi, kemungkinan dapat mengakibatkan tanah ambles ataupun anjlok yang dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Baca juga: Cara Menangkal Tuyul Supaya Tak Masuk ke Rumah Kita

5. Menambah Ketinggian

Batu-batu kerikil ini berguna untuk menambah ketinggian struktur tanah dan sekaligus mencegah rel terkena banjir atau lumpur dari air yang mengalir ke jalur kereta api.

Posting Komentar

0 Komentar