Mengungkap Isi Dari Buku Catatan Roberto Untuk Tsubasa

Siapa nih yang dulu suka banget main bola gara-gara nonton Captain Tsubasa, ane pun yang tadinya gak ngerti bola tiba-tiba dengan PD-nya main di lapangan sambil teriak 'Tendangan jarak jauh'. Setelah ane selidiki, ternyata Tsubasa bisa menang karena terbantu dengan buku ajaib yaitu buku catatan roberto.

Buku catatan Roberto Hongo ini ia dapatkan saat Roberto numpang di rumah tsubasa lalu memutuskan untuk pulang kampung ke Brasil. Buku ini konon berisi teknik rahasia Roberto saat bermain di timnas Brazil. Tapi apa saja ya yang ditulis Roberto untuk Tsubasa? Sampai-sampai Tsubasa bisa menjelma jadi maestro sepak bola.

Jadi inilah detail dari isi buku catatan Roberto Hongo.


isi buku catatan roberto untuk tsubasa


Halaman 1: Posisi Bermain

Pada halaman 1, Roberto menyarankan Tsubasa mengisi posisi pemain tengah dalam sepak bola. Karena roberto sudah pernah melatih tsubasa dengan berbagai posisi, dia menilai tsubasa cocok menempati posisi pemain tengah karena ia bisa menciptakan kestabilan dan menjadi tulang punggung permainan tim tempat ia bermain.

Halaman 2 - 11: Pemain Tengah

Sepuluh halaman berikutnya, Roberto memperjelas betapa pentingnya posisi pemain tengah di dalam sepak bola. Halaman berikutnya menjelaskan tentang metode latihan efektif bagi Tsubasa. Salah satu metode latihan ini juga menjelaskan bagaimana cara agar Tsubasa menguasai jurus tendangan yang dahsyat, yaitu Tendangan Penalty. Eh maksud ane Tendangan Jarak Jauh.



isi buku catatan roberto untuk tsubasa


Halaman 15: Jurus Drive Shoot

Roberto mengajarkan jurus pamungkasnya yaitu Drive Shoot dengan ilustrasi detail di buku itu. Tsubasa yang memiliki tendangan super kuat dengan jarak sangat jauh, diajarkan untuk membuat bola tendanganya memiliki efek rotasi menukik ke depan dengan kecepatan yang tinggi. Dengan rotasi ini, bola yang ditendang akan memiliki efek melikuk tajam ke bawah saat lintasan bolanya mulai jatuh.






Halaman 22: Sepak Bola Brasil

Disini Roberto menjelaskan mengenai kehebatan permainan sepak bola Brasil. Hal ini sejalan dengan harapannya membawa Tsubasa ke Liga Brasil. Karena Roberto yakin Tsubasa bisa mengembangkan potensi maksimalnya jika bermain di Brasil.

isi buku catatan roberto untuk tsubasa


Halaman 52: Sepak Bola itu menyenangkan

Hal terpenting di buku catatan Roberto Hongo adalah bahwa Tsubasa harus menyukai sepak bola, persis dengan quotes Tsubasa 'Bola adalah teman'. Oleh karena itu, ia harus menganggap bahwa sepak bola itu menyenangkan. Dengan perasaan senang, Tsubasa jadi bisa bermain lepas tanpa paksaan.


Demikian rahasia kenapa captain tsubasa bisa jago main bola, dalm kasus ini adalah karena buu catatan roberto, di film tsubasa 2018 mungkin tidak memakai buku catatan lagi melainkan whatsapp, jadi roberto tinggal japri aja tuh, hehe.

Posting Komentar

0 Komentar