Pahami Hal-hal Berikut Supaya Tak Kena Tipu Perusahaan Abal

Pahami Hal-hal Berikut Supaya Tak Kena Tipu Perusahaan Abal

CASHDIK.COM - Setiap pencari kerja (pengangguran) termasuk saya sendiri, pastilah ingin cepat-cepat mendapat pekerjaan dan kalau bisa sih sesuai dengan minat keahlian masing-masing, betul tidak?

Namun, kamu perlu mengetahui tentang kemungkinan bahwa si perusahaan bisa menipu niat mulia para pencari kerja. Bukan mendapat pekerjaan, kamu malah harus pulang membawa penyesalan. Ya! Di luar sana ada banyak oknum yang menipu dengan mengatasnamakan perusahaan ternama.


Baca juga : Apa yang Harus Dilakukan Saat Dikejar Begal? Berikut Tips Menghindarinya

Jadi saya sebagai pengangguran senior (hehe) akan berbagi mengenai hal-hal yang wajib kamu tahu sebelum berangkat 'Interview' ke perusahaan.

Atau bisa dibilang kalau artikel ini berisi tentang ciri-ciri perusahaan penipu yang sebagian besar adalah pengalaman pribadi saya sendiri. Simak ulasannya berikut ini.



1. Lowongan/Iklan


Nah, yang wajib kamu perhatikan pertama kali adalah lowongan (Iklan). Ternyata lowongan ini bisa mengambarkan banyak hal soal 'kualitas perusahaan'. Jika kamu menemukan kejanggalan seperti nominal gaji yang tak wajar. Psalnya, perusahaan yang bener tidak akan mencantumkan nominal gaji dengan mudahnya (gamblang).


Baca juga: Hari Gini Masih Nganggur? Kamu Pemalas!

Contohnya gaji Rp. 8 juta keatas ditambah fasilitas mess, makan dan transport bagi lulusan SMA, maka langsung saja kamu skip perusahaan tersebut. Karena sudah pasti ini perusahaan gak bener, kalau pun gajinya bener malahan kerjaanya yang gak bener (nyari donatur, nasabah, client dan sebagainya).


2. Alamat


Jika kamu sudah apply lamaran kerja lalu menerima panggilan interview, maka kamu perlu melihat bagian alamat perusahaan. Alamat yang terlalu jelas justru mengarahkan kita ke modus penipuan, misalnya gimana bro?

"Alamat: PT. Cashdik - Jl. Abudabi No. 22, Bekasi Timur
150 Meter dari terminal, Lokasi tepat di asamping masjid, Warna kantor kuning"


Perusahaan besar Tidak mungkin mencantumkan alamat dengan embel-embel (ancer-ancer). Kira-kira begitulah, jika kamu dapat alamat begituan, mending gausah berharap banyak deh.

3. Website Perusahaan

Sebaiknya kamu mengecek profil perusahaan mereka di website (ada tidaknya website mereka), hitung-hitung mengenal perusahaan sebelum interview. Kebanyakan perusahaan abal-abal tidak punya website, tapi banyak, bukan berarti semuanya lho! Cek saja dulu baru datang kemudian.


4. Nama Perusahaan


Biasanya nama perusahaan yang memakai kata 'Future' dan 'Berjangka' adalah mereka yang mencari tenaga kerja sebagai broker, nyari donatur atau nasabah dan sejenis sales.

Memang di lowongan tersedia banyak posisi tapi percayalah itu hanya akal-akalan saja. Saya tekankan satu lagi bahwa Biasanya bukan berarti Semuanya. Jika agan merasa cocok dengan kerjaanya ya lanjutin aja gan.


*Lebih lengkap, kamu bisa mencari daftar nama perusahaan penipu di link ini


Baca juga: Wajib Tau! Daftar Nama Perusahaan Penipu, Hati-Hati Gan


5. Email


Sederhana tapi krusial, yang satu ini hanya buat menambah keyakian aja ya gan. Jika agan apply atau dapat panggilan dengan domain email berbayar seperti:

@bankmuamalat.co.id, @dploy.asia, @solusi.com dll. Bisa disimpulkan mereka adalah perusahaan besar yang mau modal dengan membeli domain.

Tapi bukan berarti yang gratisan seperti @gmail.com atau @yahoo.com tak punya kualifikasi sebagai perusahaan baik. Alangkah baiknya jika agan lebih percaya dengan mereka yang mau bermodal.


6. Lainnya
Perusahaan penipu biasanya menyertakan embel-embel 'pakai duit lu dulu, ntar gue ganti' maksudnya?

Perusahaan merekrut calon karyawan dan mengadakan seleksi di luar kota, bahkan mengharuskan calon karyawan untuk menginap di hotel selama beberapa hari. Perusahaan penipu mengatakan bahwa uang akomodasi yang dikeluarkan peserta akan diganti di kemudian hari

Hal itu sangat mencurigakan, perusahaan yang benar tidak akan membebankan biaya ke calon karyawan mereka. Pasalnya, dana untuk akomodasi sudah dianggarkan perusahaan tiap tahun. Jadi kamu wajib hati-hati dengan modus 'pakai duit lu dulu, ntar gue ganti'

Biar kamu lebih waspada lagi, maka cari tau nama perusahaan penipu. Seperti yang sudah saya jelaskan dengan daftar lengkap nama perusahaan di link ini. Jangan sampai tertipu perusahaan abal!

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar dan masukan jika berkenan.


Baca juga:

Posting Komentar

0 Komentar