Cara Mudah Menghafal Pelajaran, Dijamin Langsung Paham!

Cara Mudah Menghafal Pelajaran, Dijamin Langsung Paham!

Bagaimana cara untuk menghafal sesuatu dengan mudah dan cepat?


Hasil gambar untuk belajar

Yah, pelajaran itu memang sering bikin bosan, apalagi cara mengajarnya yang salah bisa mematikan kreatifitas seseorang. Seperti kata Einstein dulu.

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem pendidikan di Indonesia adalah menghafal. Namun, banyak pelajar yang enggan menggunakan cara tersebut.

Arti kata menghafal menurut KBBI adalah berusaha meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat. Memang tidak mudah melakukan hal tersebut. Tidak semua orang dapat mengingat dengan dan tidak mudah lupa.


Ada tiga tipe orang dalam menghafal, pertama  mudah menghafal namun cepaat lupa, kedua susah mengafal namun tidak cepat lupa, ketiga susah menghafal dan cepat lupa. Nah, kalian termasuk yang mana? 😁


Nah, sekarang ada tips-nya nih buat kamu yang mau menghafal dengan mudah tanpa pusing, tanpa bikin pening, simak baik-baik.



Memilih waktu

Pemilihan waktu memang penting, misalkan kamu dapat menggunakan waktu shubuh (pagi hari setelah bangun tidur), karena disitu otak kalian masih segar, dan juga siap menerima pelajaran. Kamu harus tau, waktu yang paling pas untuk belajar adalah dini hari, setelah atau sebelum subuh, dimana otak kita saat itu 'lapar' akan ilmu.


Memilih tempat yang pas

Menghafal dibutuhkan mood yang bagus. Untuk itu memilih tempat yang nyaman dan juga menyenangkan diperlukan dalam hal ini. Tempat yag pas untuk menghafal tidak harus ditempat yang sunyi dari keramaian. Tapi alangkah lebih baik kamu bersedia belajar di tempat yang tenang (bukan sunyi) kamu juga bisa melakukanya sambil melakukan aktifitas yang kamu sukai.


Hasil gambar untuk belajar

Membuat catatan

Metode terbaik dalam belajar sekaligus menghafal adalah dengan mencatat apa yang jadi inti topik pembahasan. Terbuk dalam mencatat maka seseorang akan lebih ingat terhadap apa yang di ajarkan. Inget ya, menulis, bukan mengetik.


Membuat singkatan-singkatan

Agar tidak monoton menggunakan cara menghafal dengan membaca berulang-ulang, kamu bisa menggunakan metode membuat singkatan-singkatan. Seperti dalam pelajaran yang membutuhkan banyak menghafal rumus-rumus. Seperti singkatan istilah-istilah tertentu yang kamu kombinasikan dengan imajinasi kamu.


Membuat rekaman 

Saya dulu pernah mencoba menghafal sesuatu yang tidak saya kuasai, semua cara sudah saya lakukan tapi hasilnya masih minim. Lalu saya mencoba untuk merekam apa yang dibahas dan berhasil! Coba kamu perhatikan, kamu pasti lebih mudah mmenghafal lirik lagi daripada menghafal ajaran guru. 

Karena kita tertarik dan terhibur dengan musik maka kita lebih mudah menghafal, jadi sambil mendengarkan rekaman bayangkan saja kamu sedang mendengar musik, kuncinya di imajinasi. Baiklah, demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.










Posting Komentar

0 Komentar