Bahaya Menggunakan Smartphone Sebelum Tidur

Bahaya Menggunakan Smartphone Sebelum Tidur

Banyak orang kecanduan smartphone hingga sebelum tidur pun sempat mengecek smartphone walaupun tidak ada tujuan tertentu dan dalam keadaan gelap pula. Hal ini tentunya sudah menjadi tidak baik jika dilakukan terus menerus.
bahaya main hp sebelum tidur

Masalah ini disebabkan oleh cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone yang sebenarnya berguna untuk membuat pengguna bisa melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Tetapi dalam penggunaan gelap, cahaya smartphone yang terlalu terang justru tidak baik untuk kesehatan dan malah dapat berbahaya bagi tubuh kamu gan.
Gak percaya?
Coba deh simak baik-baik beberapa bahaya penggunaan smartphone sebelum tidur.

Kerusakan Mata

Terlalu lama menatap layar smartphone dan terpapar cahaya biru dari smartphone membuat retina mata menjadi tegang bahkan beberapa peneliti menyebutkan jika terlalu lama dengan kebiasaan tersebut dapat menyebabkan katarak.

Depresi

Melatonin merupakan hormon yang diproduksi tubuh untuk memberikan tidur yang nyenyak pada tubuh. Tetapi jika melatonin sudah terganggu tentunya akan menyebabkan kamu menjadi kurang tidur. Bahaya bermain hp sebelum tidur ini tentunya dapat menyebabkan depresi jika terlalu sering kurang tidur.





Gangguan Safaf
Kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur hingga menyebabkan kamu kurang tidur akan membuat neurotoxin meningkat. Hingga akhirnya menyebabkan akan sulit kamu mendapatkan tidur yang nyenyak atau biasa disebut tidur berkualitas. Tentu saja bahaya menggunakan hp sebelum tidur ini bisa berakibat ke penyakit serius lainnya

Kelelahan Otak

Biasanya yang terjadi ketika bermain HP justru membuat kamu lupa waktu dan melewati jam tidur kamu. Hal tersebut membuat otak kamu menjadi lelah dan untuk hari berikutnya akan kesulitan untuk belajar atau bekerja akibat kurang tidur dan otak yang masih lelah untuk beraktivitas.

Obesitas

Kurangnya tidur juga menyebabkan terganggunya hormon lain yang mengendalikan rasa lapar. Semakin sering terjaga hingga larut malam maka hormon tersebut akan berupaya untuk selalu memberikan sinyal untuk menambah energi dengan cara rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan seringnya makan di jam yang sudah larut malam hingga menyebabkanresiko obesitas.
Efek ini membuat kamu susah tidur, insomnia, dan tidak akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka dapat mengakibatkan masalah serius lain, contohnya 5 efek bahaya bermain hp sebelum tidur di atas.

Posting Komentar

0 Komentar