Pengalaman Menjadi Youtube Reuplouder, Sukses Menjadi Reuploader?

Pengalaman Menjadi Youtube Reuplouder, Sukses Menjadi Reuploader?

CASHDIK.COM - Dulu pada awal tahun 2016, saya berkenalan dengan platform YouTube Kreator, karena saya tergitur dengan teman sekantor yang tiba-tiba cabut dari kantor dan naik haji -_-') 

Setelah diusut, ternyata temen saya ini seorang youtuber, nama channelnya Smule.id kalau gak salah ya, mungkin saat kamu membaca ini, nama channelnya sudah diganti.


Cara menjadi youtube reuplouder


Kenapa saya bisa tergoda dan 'iri' dengan teman saya ini?

FYI, saat ini ditulis, channel teman saya sudah diatas 100k subsriber dan penghasilanya? Beh bikin ngiler! Bisa tembus 60 juta dalam sebulan (tahun 2016) kalau tahun ini gatau, karena subs nya sudah nambah , kemungkinan adsense-nya juga nambah dong?

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan MRT, Apakah Sama dengan Kereta Biasa?

Cukup cerita tentang ke'iri'
an saya  di atas. Selanjutnya saya terjun ke dunia youtube dengan modal niat, tanpa pengalaman dan tanpa skil khusus, sama sekali! 

Alhasil saya yang hanya modal copas video orang dan re-upload ke channel youtube pribadi. Bukanya dapet adsense, yang ada malah kena 'klaim hak cipta' dan yang paling parah kena banned permanen.

Perlu diketahui, channel Youtube bisa di banned tanpa alasan yang jelas. Hal ini sudah dialami banyak yotuber, hal itu bisa terjadi karena ada youtuber lain yang IRI dengan chanel tersebut kemudian mereportnya, atau dengan menekan iklan yang tayang dalam video secara berlebihan. 


Pasalnya youtube akan mendeteksi kegiatan ini sebagai spam, cheat dan lain-lain, kemudian membanned permanen akun tersebut.

Baca juga: Ingin Menabung Rp 10 - 100 Juta Dalam Setahun? Begini Caranya!

Kegagalan saya tak sampai disitu, karena masih mengandalkan copas. Lama-kelamaan skil reuploder saya makin terasah, wkwk. Saya coba mengedit video Naruto dengan Filmora. Karena di YouTube banyak beredar video tersebut tanpa dibanned. Kalau mereka bisa, kenapa saya tidak? Pikirku dalam hati.

Sayangnya, karena video anime, film terkenal dan klip musik termasuk konten berhak cipta paling tinggi , jadinya butuh skil editing yag benar-benar pro. Jika kamu masih newbie mending jauhi konten-konten tersebut.

Baca juga: Waspada, Inilah Ciri-ciri Wanita yang Mudah Diajak Berselingkuh

Sebagai contoh, di Youtube banyak banget beredar video anime yang layarnya kecil bangettt dan terkesan sangat tak enak di tonton (Tapi Laku!). Hal itu terjadi karena sang kreator menghindari klaim hak cipta dengan mengedit sedemikian rupa, dari visual sampai audionya.

Bila kamu ingin reupload, carilah konten pilihanmu dengan filter. Bagian search yotube dilengkapi filter lalu pilihlah 'Creative Commons', maka saya jamin video tersebut tak akan kena hak cipta walaupun tanpa diedit sekalipun.

Bagi kamu yang masih awam soal copyright dan hak cipta yotube, sebaiknya latih dulu skil editing video dan audio dulu sebelum mereuploadnya.

Kunci lolos copyright sebagai reuplouder secara gamblang itu ada 4.

1. Edit video, audio, dan segala hal yang berhubungan dengan tampilan. Kalau ga bisa, belajar dulu software youtuber seperti filmora dan adobe after effect.

2. Filter konten reupload dengan pilihan 'Creative Commons' di bagian search youtube.

3. Buat video original. Sekarang yang lagi ngetrend itu main game sambil direkam, video ini termasuk konten original karena gak mungkin ada hak ciptanya.

4. Pakai tools/aplikasi reuploder, tapi hati-hati karena banyak oknum yang menjual aplikasi ini sebagai modus penipuan. Bukanya lolos nanti kamu malah kena tipu.




Baca Juga :


Itulah sedikit pengalaman saya setelah berkecimpung di dunia youtube reuploder, sekarang saya gak reupload lagi tapi udah ke original konten.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Udah berapa lama bang jadi re-uploader? Trus penghasilannya tembus berapa bang, maklum msih newbie penasaran

    BalasHapus