Mengapa Kita Jadi Mudah Ngantuk Setelah Makan Nasi?

Mengapa Kita Jadi Mudah Ngantuk Setelah Makan Nasi?

Makanan utama sebagai sumber karbohidrat bagi masyarakat Indonesia adalah nasi. Belum lengkap rasanya bila makan tanpa nasi. Namun, banyak juga yang menyebutkan bahwa makan nasi bikin ngantuk.

Perasaan ngantuk dan lemas setelah makan bisa jadi salah satu reaksi tubuh kamu terhadap proses perubahan kimia dalam sistem pencernaan. Namun, kenapa makan nasi bikin ngantuk? Cari tahu faktanya di bawah ini seperti dilansir dari halosehat.com (18/10/2017).


Baca juga: Mengenal Gangguan Kepribadian Ganda, Gejala dan Prosesnya

Nasi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Nasi juga memilki nilai indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemiks sendiri adalah standar yang dipakai untuk mengukur seberapa cepat makanan tertentu meningkatkan kadar gula di dalam darah.



Hal ini yang menyebabkan rasa ngantuk muncul setelah mengonsumsi nasi. Hal ini terjadi karena tubuh manusia akan bereaksi terhadap asupan nutrisi yang didapatkan.

Tubuh membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk memecah komponen karbohidrat yang kemudian akan di serap oleh sel-sel tubuh. Proses tersebut dapat memicu peningkatan gula darah dalam tubuh.

Nah, supaya kadar gula tidak terlalu banyak dalam tubuh, organ pankreas akan menghasilkan hormon yang disebut insulin.


Baca juga: Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Seorang Karyawan

Insulin mampu meningkatkan kadar triptofan dalam otak. Selanjutnya, triptofan akan meningkatkan kadar hormon bernama serotonin dan melatonin.

Kedua hormon ini berkaitan erat dengan munculnya rasa mengantuk. Serotonin membuatmu merasa tenang dan nyaman. Sedangkan melatonin sendiri adalah hormon yang akan diproduksi agar tubuh bisa beristirahat.

Jadi, jangan heran jika setelah kamu makan nasi, terutama dalam porsi yang besar, kamu akan merasa mengantuk ya.

Posting Komentar

0 Komentar