Kenapa Anak Metal Selalu Identik dengan Pakaian Hitam?

Pernah menonton konser band metal? Jika diperhatikan, pakaian para penikmat musik keras ini kerap mengenakan pakaian hitam. Apakah mereka mau melayat? Tentu tidak, dan ternyata adat memakai pakaian hitam ini ada sejarahnya lho!

Kenapa anak metal selalu berpakaian hitam?


Mengutip dari laman kompasiana (1/4/2015), kebanyakan genre metal yang diusung satu band memang memakai berkesan 'hitam. Bukan sekadar kostum belaka. Mulai dari black metal seperti pengusungnya Venom, personilnya menggunakan kostum serba hitam.

Baca juga: Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Lalu agak lebih ke era 8o-an sampai 90-an, pengusung band hard-rock seperti Bon Jovi atau heavy metal seperti Metallica, berbaju atau berjaket kulit hitam.



Kebanyakan musik metal berisikan banyak sekali gebukan drum, suara gitar electrik, suara vokalis dan liriknya sendiri yang terasa berat dan 'gelap'. Kemungkinan hal inilah yang menjadi cikal bakal kenapa metalhead memakai baju berwarna hitam.

Alasan yang kedua yang dikutip dari Keepo.me, warna hitam memiliki arti yang mewakili keriuhan dan kekacauan yang selalu ada di setiap pertunjukan band metal.

Ada banyak perasaan yang membuat para metalhead merasa terwakilkan ketika memakai baju serba hitam. Keinginan untuk meluapkan kemarahan dan agresif yang terluapkan juga terdapat dalam arti dari warna hitam.

Baca juga: Kenapa Kita Merasa Ngilu saat Mendengar Suara Gesekan?

Maka dari itu, tanpa hukum tertulis, hitam sudah seperti mendarah daging menjadi warnanya anak metalhead.

Hitam akan selalu mewarnai musik metal. Namun belum tentu mewarnai hati seseorang penikmat musik itu sendiri.

Sumber: Jitunews.com

Posting Komentar

0 Komentar