6 Faktor Psikologi yang Menyebabkan Bad Mood

Banyak orang yang tiba-tiba memiliki bad mood atau suasana hati yang jelek. Dan ini dialami sering, bukan sesekali saja, apabila hal tersebut dialami terlalu sering patutlah diwaspadai. Berikut ini cara mengatasi gangguan mood yang datang tiba – tiba.

Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kamu memiliki gangguan hati dan juga kejiwaan. Bisa jadi kamu mengidap sindrom tertentu, hal ini bisa dikonsultasikan kepada ahlinya yaitu psikolog dan psikiater. Nah, berikut ini kamu perlu ketahui penyebab bad mood tanpa alasan secara tiba – tiba dan sering :


1. Stres

Permasalaha yang menumpuk, lalu lintas yang padat, pekerjaan dengan deadline yang ketat, dan sebagainya. Hal tersebut bisa memicu seseorang mengalami stres yang berlebihan, bisa dalam tingkatan ringan sampai berat. Akibat stres yang timbul memicu suasana hati dan juga bad mood menjadi keluar. Akibatnya kamu mudah emosi, mersa lelah dan juga perasaan hati yang tidak sehat. 

2. Pengaruh Obat – obatan

Penyebab bad mood tanpa alasan yang harus kamu waspadai adalah dampak dan efek samping akibat mengkonsumsi obat – obatan, seperti ekstasi, sabu, obat penenang atau obat psikotropika lainnya. Mengkonsumsi obat tersebut berdampak secara psikis baik dalam ukuran kecil dan juga ukuran yang besar. Seiringnya waktu kamu akan mengalami banyak ketidaknormalan secara mental contohnya berpengaruh kepada mood dan suasan hati. kamu akan mudah menjadi bad mood dan labil. 


3. Kurang Tidur

Dampak lain dari penyebab bad mood tanpa alasan adalah karena kurangnya jam tidur kamu. Kamu yang tidak terbiasa begadang atau melek sampai pagi, akan merasakan kondisi lemah dan lemas. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya bad mood, suasana hati akan berubah seiring dengan kondisi kamu selama kamu kurang beristirahat dan tidur. Oleh sebab itu jangan anggap sepele tidur, karena hal itu menjadikan kesehatan kamu bermasalah. 

4. Depresi

Tingkat stres yang tinggi dan serius akan berujung kepada perasaan depresi. Perasaan depresi pada seseorang memang tidak sama, namun pengaruh yang bisa diakibatkan dari hal tersebut hampir semua sama yaitu pengaruh kepada mood. Kamu yang memang memiliki mood yang jelek ditambah dengan kondisi depresi maka akan terasa double parahnya. kamu menjadi mudah tersinggung, mudah marah, mood yang jelek dan bahkan bisa membahayakan diri sendiri.

5. Marah Dan Kesal

Apabila kamu mengalami perasaan kesal dan marah di pagi hari, pastinya akan merambat kepada suasana hati dan mood yang jelek di siang harinya. Hal ini akibat dari emosi yang terpendam dan juga luapan yang tidak terselesaikan sampai di situ. Oleh sebab itu jaga kondisi emosi kamu di pagi hari, karena kalau sudah bad mood muncuk, maka dampaknya 1 hari kamu akan mengalami perasaan kesal dan juga suasana hati yang muram. 


6. Merasa Capek dan Lelah

Salah satu penyebab bad mood tanpa alasan lainnya bisa karena tubuh, pikiran dan perasaan kamu terasa lelah dan capek. Menghadapi kehidupan yang penat dan tidak ada habisnya membuat kamu menyerah dan putus asa. Hal ini tidak bisa dibiarkan selamanya, karena selain berdampak kepada bad mood juga mampu berpengaruh kepada kejiwaan terganggu. Berikut ini karakteristik gangguan mood yang wajib kamu kenali.

Semoga kamu bisa memahami penyebab dari bab mood kamu yang sewaktu – waktu bisa muncul. Hindari dengan berpositif thingking dan menatap hari adalah hal terindah yang pernah kamu dapati. 

Sumber: Dosen Psikologi

Posting Komentar

0 Komentar