Apakah Pesawat Bisa Terbang Sampai ke Luar Angkasa?

Pesawat dikenal sebagai moda transportasi paling aman. Kita biasa mengunakannya untuk bepergian ke luar kota maupun luar negeri. Tapi bagaimana kalau ke luar angkasa? Kenapa kita tidak pakai pesawat untuk terbang ke sana?

Sayangnya, hal itu nyaris mustahil! Sederhananya, untuk sampai ke luar angkasa, pesawat harus terbang melawan gaya gravitasi bumi. Artinya, pesawat harus melaju dengan sangat sangat sangat cepat!



Berdasarkan data dari video yang diunggah akun YouTube Kok Bisa (6/9/2018), pesawat tercepat yang ada sekarang, kecepatannya kurang lebih hanya seperlima dari total kecepatan yang dibutuhkan.

Bukan hanya itu, desain dan jenis bahan bakar pesawat juga tidak memungkinkan untuk terbang menembus atmosfer bumi. Kenapa bisa begitu?



Bayangkan saja, batas antara bumi dengan luar angkasa setara dengan 11 gunung Everest yang ditumpuk. Nah, semakin dekat dengan luar angkasa, semakin tipis pula udara di sana.

Akibatnya, tidak ada molekul udara yang bisa mengangkat pesawat dan tidak ada cukup oksigen untuk membakar bahan bakarnya. Akhirnya, pesawat pun akan kehilangan arah dan tujuan sekaligus tidak mampu terbang berlama-lama menembus awan. Lantas, seberapa tinggi pesawat bisa terbang?

Nyatanya, pesawat yang biasa kita tumpangi hanya mampu terbang sampai 12 km saja. Meski begitu, sudah ada pesawat yang bisa terbang sedikit di atas atmosfer bumi. Tapi sebenarnya pesawat ini dibawa naik setinggi 13 km dulu sebelum didorong oleh mesin roket.

Itulah mengapa untuk terbang menembus atmosfer dibutuhkan bantuan roket. Roket dibuat sesederhana mungkin, dan roket butuh beberapa tingkat pendorong super kuat untuk mengalahkan gaya gravitasi bumi yang sama kuatnya.

Untuk sekarang, terbang ke luar angkasa dengan pesawat terbang rasanya sulit diwujudkan. Tapi jangan berhenti bermimpi, mungkin saja kecanggihan teknologi di masa depan akan mewujudkannya!

Sumber asli, berdasarkan artikel yang saya tulis di Jitunews

Posting Komentar

0 Komentar