Kenapa Mata Kucing Bisa Menyala Dalam Gelap?

Hewan kucing adalah hewan peliharaan yang amat populer di dunia dimana terdapat cara menjinakkan kucing peliharaan. Hewan kucing dikenal sebagai hewan yang setia, ceria, menyenangkan untuk diajak bermain, dan hewan kucing juga memiliki kesan imut.

Pernahkah kamu mengamati atau melihat hewan kucing ketika berada di dalam gelap atau di malam hari dan memahami fungsi ekor kucing, tentu ada yang unik, mata hewan kucing tersebut tampak bersinar dan menyala sehingga terkadang tampak seperti tatapan yang tajam. Kenapa bisa begitu ya gan?

Mata bulat besar yang dimiliki oleh hewan kucing memang diciptakan untuk beroperasi jauh lebih baik dalam kondisi kurang cahaya dan gelap dari mata manusia. Menurut situs DosenBiologi.com, ada tiga alasan mendasar kenapa mata kucing bisa menyala, seperti berikut ini.

1. Pengaruh pupil mata

Pertama, coba lihatlah matanya pada malam hari di bawah lampu yang terang, pupil mata akan tampak berbentuk elips bukan melingkar. Saat di bawah cahaya lampu pupilnya menyempit karena melindungi retina mata yang sensitif dari kerusakan. Sedangkan saat keadaan gelap pupilnya melebar untuk mengakomodasi pencahayaan yang lebih rendah. Pupil akan memenuhi matanya sehingga membuat matanya terlihat hampir hitam seluruhnya.

2. Lapisan tapetum lucidum

Kedua, cahaya merah yang ada pada mata hewan kucing disebabkan oleh cahaya yang dipantulkan dari lapisan jaringan yang disebut “tapetum lucidum”. Istilah Tapetum Lucidum adalah bahasa latin yang berarti “bright carpet”. Lapisan tersebut melapisi bagian belakang bola mata dan di bagian belakang retina di semua hewan kucing.

Hal ini berfungsi seperti cermin yang mencerminkan cahaya yang tidak diserap saat melewati retina. Hasilnya adalah cahaya yang menakutkan saat mata hewan kucing menangkap sinar di ruangan gelap. Menariknya tak semua mata hewan kucing akan berwarna merah di malam hari. Itu semua tergantung dari warna mata asli hewan kucing. Tak hanya merah, terkadang berwarna biru dan kehijauan.


3. Pembentukan nyala cahaya di mata

Tapetum Lucidum yang dimiliki oleh hewan kucing ini segera memantulkan cahaya dan tidak menyerap cahaya saat masuk ke dalam retina setiap mata. Fungsinya sendiri adalah sebagai pembantu retina untuk meningkatkan penglihatan kucing. Tapetum Lucidum berada di belakang retina berupa membran membran sebanyak 15 lapisan khusus.

Membran membran tersebut mengandung sel sel berkilauan dan memiliki pengaruh seperti cermin. Warna pantulan cahaya yang muncul biasanya kehijauan atau emas, namun pada beberapa kucing menghasilkan warna berbeda seperti kucing siam yang menghasilkan warna ruby atau merah sehingga di malam hari atau di area gelap mata kucing bisa terlihat unik dan bercahaya terang.

Posting Komentar

0 Komentar