Apa Perbedaan Antara Baik dan Benar yang Harus Kamu Ketahui

Apa Perbedaan Antara Baik dan Benar yang Harus Kamu Ketahui

Apakah kamu tahu tentang perbedaan baik dan benar? Apakah dengan berlaku benar, kamu telah berbuat baik? Atau berbuat baik sudah pasti menjadikan kita benar?

Beberapa doktrin agama mungkin dapat dijadikan contoh paling pas untuk membedakan apa itu baik dan apa itu benar. Dalam Islam, misalnya, amal dan ibadah yang benar itu adalah amal dan ibadah yang didasarkan pada hadits dan sunnah rasul. Sebaliknya, amal dan ibadah yang tidak didasarkan pada hadits dan sunnah adalah salah dan itu hukumnya bid’ah.
Pertanyaannya, apakah jika semua amal dan ibadah sudah dilakukan dengan benar, berdasarkan hadits dan sunnah, maka amal dan ibadah tadi akan menjadi baik? Sebaliknya, jika amal dan ibadah diilakukan dengan cara yang salah, tidak berdasarkan hadits dan sunnah, apakah amal dan ibadah tadi menjadi buruk?

Baca juga: Apakah Jumlah Kebaikan di Dunia Ini Lebih Sedikit Dibanding Kejahatan
Contoh-contoh berikut ini mungkin bisa memberikan gambaran kepada kita.

Apa perbedaan antara baik dan benar / masjid

Pengeras suara
Apakah pengumandangan azan dan bacaan imam sholat di masjid menggunakan pengeras suara itu ada contohnya dari rasulullah? Jika tidak, maka penggunaan pengeras suara untuk azan, sholat berjamaah, dan khutbah itu adalah sesuatu yang salah dan bid’ah. Di sini jelas bukan, apa bedanya benar dengan salah?
Selanjutnya, apakah penggunaan pengeras suara untuk azan, sholat, dan khutbah itu baik, atau buruk? Dengan pengeras suara daya jangkau azan, suara imam saat memimpin sholat, atau suara khotib saat berkhutbah akan menjadi lebih luas. Apakah dengan memiliki jangkauan yang lebih luas itu kumandang azan, bacaan imam, dan khutbah dapat disebut sesuatu yang baik? Jawaban/kesimpulan anda sendiri yang akan mengungkap perbedaan antara baik dengan buruk-nya penggunaan pengeras suara di masjid.
Makan dengan tiga jari
Saat ini, di Indonesia, ada kelompok yang giat mengampanyekan tata cara makan yang benar menurut sunnah rasul, yaitu menggunakan tiga jari. Artinya, makan dengan cara menggunakan sendok, garpu, atau sumpit adalah salah, dan karenanya menjadi perbuatan bid’ah. Pertanyaannya, apakah makan dengan tiga jari itu (lebih) baik daripada makan dengan menggunakan lima jari, sendok dan garpu?

Baca juga: Ingin Menabung 10 - 100 Juta Dalam Setahun? Begini Caranya

Apa perbedaan antara baik dan benar / makan tiga jari


Jika makanan yang disantap adalah roti dan buah-buahan (kurma, anggur dan apel) mana yang lebih baik, menngunakan tiga jari, lima jari, atau menggunakan garpu dan sendok? Berikutnya, jika menu yang akan disantap adalah bubur kacang hijau, soto babat, atau papeda (makanan khas masyarakat Indonesia Timur yang terbuat dari sagu), apakah menggunakan tiga jari tepat dan baik

Apa buruknya menyantap soto babat menggunakan sendok? Kalau menunya nasi goreng atau nasi rames, apakah menggunakan tiga jari (benar menurut sunnah) lebih baik dari pada menggunakan lima jari (cara yang salah menurut sunnah)?

Baca juga: Daftar 10 Makanan yang Membuat Kita Cerdas
Kesimpulan. Apa yang membuat baik dan benar berbeda? Suatu amalan atau perbuatan dikatakan benar jika amalan/perbuatan tadi sesuai dengan ketentuan, peraturan, petunjuk, atau kesepakatan. Sesuatu disebut baik jika amalan/perbuatan tadi memberikan rasa nyaman, aman, dan kemanfaatan. Jadi, benar itu berkaitan dengan tata-cara atau tata-laksana, sedangkan baik berkaitan dengan nilai-guna.

Posting Komentar

0 Komentar