Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Ini yang Perlu Dilakukan Saat di Bandara

Terbang sendiri tanpa orang tua? Siapa takut! Saya akan membagikan sedikit informasi tentang apa yang perlu kamu lakukan dalam mengurus keberangkatan pesawat. Tata cara naik pesawat untuk pertama kalinya.

paduan naik pesawat


Sedikit informasi tambahan, jika kamu menyegel bagasimu maka kamu akan dikenakan biaya 50.000 per tas.

Harga makanan yang dijual di bandara dan di atas pesawat dipatok dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada biasanya. Untuk menghemat biaya, kamu bisa membeli kebutuhan (seperti makanan dan minuman) sebelum kamu berangkat ke bandara.


Baca juga: Mengenal Istilah Negara Berkembang atau 'Negara Berflower' yang Sering Dipakai Warganet

Gambar di atas adalah contoh kode booking yang biasa ditemukan di aplikasi pemesanan tiket online seperti Traveloka. Hal pertama adalah menyiapkan kode booking tersebut setelah kamu pesan sebelumnya. Tunjukan kode tersebut di counter check in untuk mendapatkan boarding pass. 

counter check in bandara


Kamu tidak bisa masuk ke gerbang keberangkatan tanpa kode booking. Untuk itu kamu harus mempersiapkannya sebelum masuk supaya gak keteteran nanti.

Di counter check in, kamu harus mempersiapkan KTP dan pastikan nama di KTP sama dengan id kode booking. Untuk urusan bagasi, pastikan kamu tidak membawa barang lebih dari 7 kg ke dalam kabin pesawat. Jika kamu membawa benda tajam, kamu harus menyegel bagasimu di bandara!

Baca juga: Apakah Pesawat Bisa Terbang Sampai Luar Angkasa?

terminal keberangkatan bandara


Terminal keberangkatan. Cek mana terminal keberangkatanmu di boarding pass, supaya kamu gak salah duduk di terminal lain. Perlu diingat, kadang ada perubahan mendadak mengenai posisi terminal keberangkatan, jadi pastikan kamu mendengarkan pengumuman dari maskapai kamu ya!

Baca juga'BlackBird' Pesawat Tercanggih yang Pernah Dibuat, Bisa Terbang Menembus Atmosfer!

Sekadar informasi, jika kamu keluar dari ruang tunggu bandara, maka kamu akan diperiksa lahi saat kembali masuk. Jangan bagikan barcode boarding pass kamu di medsos karena itu mengandung data pribadi kamu.

security / sistem keamanan bandara


Pengecekan keamanan. Saat masuk ke ruang tunggu, setiap penumpang akan diperiksa. Pastikan kamu sudah melepaskan semua pernak-pernik logam, seperti ikat pinggang, kacamata dll. Dan letakan barang bawaan kamu di mesin X-ray, tak perlu tegang, santai saja bung!

Perhatikan moda naik pesawat. Jika menggunakan sutle bus, pastikan kamu tidak salah naik! Namun, jika menggunakan belalai gajah (garbarata) maka kamu tidak perlu khawatir lagi. Sekali lagi pastikan KTP dan boarding pas kamu siap, karena petugas akan memeriksanya lagi sebelum naik pesawat. 

Baca juga: Mengenal Istilah Anak Indie yang Sering Disalah Artikan oleh Warganet

Kedatangan. Setelah kamu terbang melintasi langit biru, kamu akan turun di bandara tujuan. Jika kamu menitipkan barang di bagasi pesawat, maka kamu perlu mengantri untuk mengambilnya. Bagasi akan didistribusikan dengan mesin khusus, yang kamu lakukan hanya mengantri sampai barangmu datang. 

Selamat menikmati penerbangan pertamamu!

Posting Komentar

0 Komentar