Layak Dicoba, Inilah Daftar Bisnis yang Tak Perlu Dipromosikan

Benarkah segala sesuatu (apalagi bisnis) selalu butuh marketing? Hmm. Jika kita berbicara tentang marketing yang masif atau luas, maka bisnis di bawah ini tidak butuh marketing tersebut. Nyaris tidak menggunakan promosi sama sekali untuk menarik pelanggan berdatangan.

Setidaknya yang saya ketahui ada tiga bisnis yang tidak butuh marketing (promosi), apa saja?

Baca juga: 9 Quotes Albert Einstein yang Ternyata Bukan dari Einstein

1. Tambal Ban

Bisnis tambal ban


Saya sudah lama memikirkan hal ini, dan dengan cukup yakin saya jawab : Bisnis Tambal Ban.

Beberapa point untuk memperkuat argumen saya :

  1. Pernahkah Anda melihat Tambal Ban mempunyai papan nama yang cantik dan fancy?
  2. Pernahkah Amda membaca review terkait : “Top 10 Tambal Ban di Jakarta” atau semacamnya?
  3. Pernahkan Anda terbuai dengan promosi Tambal Ban A, sehingga ketika ban Anda bocor, Anda 
  4. hanya mau membawa mobil/motor Anda ke Tambal Ban A tersebut?
  5. Sebelum nomor 3 sebenarnya ada satu point lagi : pernahkah Anda mendengar promo “Tambal 
  6. Satu Ban Gratis Satu Ban” atau “Tambal 10 Ban, Yang ke-11 Kami yang Bayar!”? Nyaris tidak ada promosi seputar per-Tambal-Ban-an.
  7. Bayar seorang lulusan MBA dari universitas ternama sebagai konsultan pemasaran dari sebuah usaha Tambal Ban—dan dia pasti akan pujing tujuh keliling.

2. Jasa Tukang Parkir

Tukang Parkir


Jasa parkir itu ada yang langsung jadi satu dengan tempat tujuan kita misalnya toko, mall, objek wisata dan lainnya. Ada juga yang di tempat umum misalnya di pinggir jalan. Ada juga tempat yang memang disediakan untuk usaha lahan parkir.

Saya bilang tidak butuh marketing karena sejauh ini saya tidak pernah milih-milih dimana parkir atau membanding-bandingkan tempat parkir. Yang penting kendaraan aman, dekat dengan tempat tujuan, ya itu saja. Urusan selesai, bayar parkir kalau memang berbayar (atau baru masuk bayarnya) , cek STNK kalau memang diperlukan terus pulang.


3. Bisnis Peti Mati

Bisnis peti mati / gali kubur


kalau yang satu ini mirip dengan tambal ban, bisnis peti mati tidak pernah berpromosi untuk mendapatkan pelanggan, termasuk tukang gali kubur. Bisnis dan pekerjaan ini tanpa embel embel promosi marketing, pernahkah kamu melihat tulisan "Peti Mati: Diskon 50%. Yuk Mati Sekarang! Senin Harga Naik!"

Baca juga: Kenapa Kita Sulit Tidur Saat Berada di Tempat yang Baru (Nginep)?

Itulah bebeberapa bisnis yang tidak memakai promosi untuk menjualnya, kemungkinan daftarnya akan bertambah dan akan saya tambahkan jika sudah kepikiran, hehe.

Posting Komentar

0 Komentar