Kenapa Cincin Pernikahan Selalu Dipakai di Jari Manis?

Kenapa Cincin Pernikahan Selalu Dipakai di Jari Manis?

CASHDIK.COM - Tradisi memasang cincin pernikahan di jari manis sudah dilakukan secara turun temurun. Pernah nggak sih kepikiran ketika kamu kondangan atau menghadiri pesta pernikahan, lalu terbersit pertanyaan: kenapa cincin selalu dipasang di jari manis? Kenapa tidak di jari lainnya?


Kenapa cincin pernikahan selalu dipakai di jari manis?

Menurut sejarahnya, hal ini bermula dari sebuah mitos yang tidak bisa dibuktikan secara teoritis. Mitos ini berasal dari zaman Romawi Kuno dan Yunani Kuno. Pada saat itu masyarakat percaya bahwa di jari manis tangan kanan terdapat sebuah pembuluh darah yang secara langsung terhubung ke jantung. Mereka menyebutnya sebagai vena amoris yang berarti pembuluh darah cinta. 

Baca juga: Apakah Jumlah Kebaikan Lebih Sedikit Dibanding Kejahatan?

Sayangnya, setelah dilakukan penelitian, alasan ini hanyalah mitos belaka. Nggak ada yang namanya pembuluh darah cinta pada jari manis tangan kanan. Ya, namanya juga mitos. Hehe.

Dalam sejarahnya, cincin kawin dipasang di jari manis tangan kiri, karena tangan ini jarang digunakan oleh orang-orang

Konon, orang-orang menggunakan tangannya yang sebelah kanan untuk segala hal. Karena tangan bagian ini dianggap memiliki tenaga yang lebih besar daripada kiri. Dan mereka menilai bahwa cincin kawin nggak akan rusak kalau berada di tangan kiri. Ya, karena tangan kiri jarang digunakan.

Sejatinya mitos ini nggak berlaku untuk orang Indonesia dan beberapa negara lainnya. Mereka percaya bahwa tangan kanan memang merupakan tangan yang sering digunakan dan memiliki kekuatan yang lebih besar. Justru karena hal itulah, cincin kawin harus berada di tangan kanan. Karena tangan kanan yang kuat itu melambangkan pernikahan atas dasar cinta yang kuat/kokoh pula.

Yang lebih menarik, cobalah praktikkan teori dari negeri Tiongkok.

1. Pertama, tunjukkan telapak tangan anda, jari tengah ditekuk ke dalam (lihat gambar).

Kenapa cincin pernikahan selalu dipakai di jari manis?

2. Kemudian, 4 jari yang lain pertemukan ujungnya.

3. Permainan dimulai, 5 pasang jari tetapi hanya 1 pasang yang tidak terpisahkan.

4. Cobalah membuka ibu jari anda, ibu jari mewakili orang tua, ibu jari bisa dibuka karena semua manusia mengalami sakit dan mati. Dengan demikian orang tua kita akan meninggalkan kita suatu hari nanti.

Baca juga: 5 Alasan Psikologis Kenapa Seseorang Enggan Jatuh Cinta

5. Tutup kembali ibu jari anda, kemudian buka jari telunjuk anda, jari telunjuk mewakili kakak dan adik anda, mereka memiliki keluarga sendiri, sehingga mereka juga akan meninggalkan kita.

6. Sekarang tutup kembali jari telunjuk anda, buka jari kelingking, yang mewakili anak-anak. Cepat atau lambat anak-anak juga akan meninggalkan kita.

7. Selanjutnya, tutup jari kelingking anda, bukalah jari manis anda tempat dimana kita menaruh cincin perkawinan anda, anda akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka. Karena jari manis mewakili suami dan istri, selama hidup anda dan pasangan anda akan terus melekat satu sama lain.



Dengan ini saya berdoa agar kita (yang jomblo) segera dipertemukan dengan jodoh dan mengenakan cincin di jari manis. Dan yang sudah memakai cincin di jarinya, semoga awet sampai akhir hayat. 

Terimakasih dan tolong doakan penulis agar cepat berjodoh, hehehe.


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Saya aamiinkah doanya... 😄😊

    BalasHapus
  2. waduh, saya pikir karena jari manis itu lingkarnya lebih kecil dari jarin lainnya selain jari kelingking :D

    BalasHapus
  3. Mungkin kalo dipake dijempol kurang menarik gan heheh

    BalasHapus