Daftar Pelajaran Hidup yang Harus Kamu Mengerti Sebelum Usia 30an

CASHDIK.COM - Pelajaran hidup hanya bisa didapat jika kamu hidup (yaiyalah!). Bukan hanya dalam hidupmu, kamu juga bisa belajar lewat kehidupan orang lain, amati saja. Hidup ini terlalu singkat untuk kamu pelajari sendiri.

Jika usiamu sudah seperempat abad (25 tahun) harusnya kamu sudah cukup belajar dengan kehidupan ini. Pelajarilah hal itu sedini mungkin, supaya nanti di umurmu yang renta, kamu tidak melakukan kesalahan yang sama. Lalu, pelajaran hidup apa yang kamu dapatkan setelah 25 tahun hidup di dunia? Berikut di antaranya:

Baca juga: 7 Pertanda Bahwa Kamu Adalah Orang yang Pintar!

1. Kamu tidak dapat memiliki segala hal yang kamu inginkan. Pahami itu sedini mungkin.

2. Tidak semua orang disekitarmu memiliki niat baik.

3. Tidak semua orang disekitarmu memiliki niat buruk.

4. Kamu mengira bahwa kamu telah mengetahui segala hal yang perlu kamu ketahui. Bro, kamu tidak tahu apa-apa.

5. Pacarmu yang sekarang belum tentu akan menjadi pendampingmu seumur hidup.

6. Isi otakmu dengan hal-hal berguna. Berhenti habiskan waktu scroll Instagram, Facebook, Twitter, nonton video gosip atau lawak di YouTube. Sehingga ketika tiba masanya kamu di PHK, kamu tidak akan kebingungan "sekarang aku harus ngapain?"

7. Teman jalanmu yang sering nongkrong bareng kamu sampai larut malam, tidak akan selamanya berada disisimu. Mereka akan punya kehidupannya sendiri.

Baca juga: Kenapa Cincin Pernikahan Selalu Dipakai di Jari Manis?

8. Kamu dan temanmu yang sudah bersama-sama selama 10 tahun, bisa saja bertengkar hanya karena masalah beda selera.


Pelajaran Hidup di usia 25 tahun


9. Belajarlah cara berkomunikasi yang baik. Pertemanan bisa rusak hanya karena komunikasi yang buruk, rumah tangga dapat retak hanya karena kurangnya komunikasi, bisnis dapat runtuh karena tidak dapat mengomunikasikan tujuannya dengan baik, kedua negara dapat saling berperang karena tidak adanya komunikasi yang terjalin.

10. Orangtuamu hanya dapat sebatas memberikanmu masukan dan saran. Kamu sama sekali tidak wajib untuk menuruti segala keinginan mereka. Tapi, terserah sih. Toh, pada akhirnya ini adalah kehidupanmu.

11. Pinjamkan uang kepada siapapun itu, hanya kalau kamu sudah ikhlas bahwa uang itu tidak dikembalikan.

12. Penampilanmu hanya sekedar membuat orang tertarik padamu. Apa yang membuat orang betah berlama-lama denganmu adalah karakter dan kepribadianmu.

13. Selalu ada 3 sisi cerita dari sebuah konflik. Cerita versi sisi A, versi sisi B dan kebenaran. Belajarlah dan latihlah dirimu untuk selalu dapat melihat kebenarannya.

14. Entah seberapa baik kamu atau seberapa keras kamu berusaha, kamu selalu dapat digantikan dengan yang lain.

15. Jika memang ada uang lebih, selalulah untuk membeli barang dengan kualitas yang baik meskipun lebih mahal. Itu memberimu ketenangan hati.

16. Belum menikah meskipun umur sudah mendekati kepala 3 itu tidak salah.

Baca juga: Patuhi Aturan Ini untuk Menjadi Orang yang Benar-benar Dewasa

17. Hidup ini adalah pilihan. Jika kamu memilih untuk mengutamakan keinginan pacar, keinginan bos, keinginan orangtua dan keinginan orang lain, maka kamu akan terpaksa mengorbankan keinginanmu sendiri. (Teman saya pernah secara tidak sadar ngomong: "enak yah kalau semua gaji yang saya punya untuk diriku sendiri. Saya bisa lebih cepat capai target yang saya buat." True story)

18. Buang jauh-jauh mindset "uang tidak bisa membeli kebahagiaan". Benar. Tapi uang bisa membeli apa yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup. Yang punya uang berkelimpahan saja masih bisa tidak bahagia, apalagi yang miskin merana dan berkekurangan.


Mnabung


19. Belajarlah untuk mengatakan tidak. Kamu tidak dapat menyenangkan semua orang.

20. Belajarlah untuk bertanggung jawab dari setiap tindakanmu.

21. Yang terakhir. Kamu hidup sendiri, matipun sendiri. Maka dari itu belajarlah untuk mencintai dirimu terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain.

Itulah sedikit pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan sebelum usia 30 tahun. Tentu saja masih ada ilmu yang bisa kamu pelajari di usia selanjutnya. Tapi, apakah kamu yakin bisa hidup sampai kesana?

Baca juga: 50 Gaya Hidup Sehat Hanya Dalam Waktu Kurang dari 10 Menit

Posting Komentar

1 Komentar