Inilah Alasan Kenapa Gelas Kaca Sering Digunakan di Percobaan Ilmiah

Percobaan ilmiah sering kali menggunakan gelas kaca yang transparan. Hampir di setiap laboratorium terdapat gelas tersebut. Sebenarnya, penggunaan gelas ini bukanlah tanpa alasan, ada banyak pertimbangan kenapa kaca digunakan sebagai media percobaan ilmiah.

Berikut alasan kenapa percobaan ilmiah selalu menggunakan gelas kaca yang transparan:

Inilah Alasan Kenapa Gelas Kaca Sering Digunakan di Percobaan Ilmiah


Baca juga: Apakah Operasi Plastik Benar-benar Pakai Plastik?

1. Peralatan gelas kaca kebanyakan transparan sehingga mudah untuk diamati. Namun ada juga yang berwarna gelap (amber glass) biasanya digunakan untuk menyimpan pereaksi yang mudah rusak akibat cahaya. Tapi ketika pereaksi tersebut akan digunakan biasanya akan ditempatkan di gelas piala.

2. Peralatan gelas tahan panas dan tidak mudah pecah saat dipanaskan.

3. Tidak mengaggu reaksi, kaca tidak akan mengganggu reaksi yang terjadi, sekalipun antara zat kimia pekat. kalau kita menggunakan bahan lain seperti aluminium, besi, plastik, maka sudah bisa dipastikan bahwa akan ada gangguan saat reaksi dan menyebabkan hasil yang terjadi bukan hasil sebenarnya.

4. Bahan cairan mudah mengalir ke dalam peralatan gelas.

Inilah Alasan Kenapa Gelas Kaca Sering Digunakan di Percobaan Ilmiah


5. Peralatan gelas mudah dibersihkan dengan air maupun dengan cairan lainnya.

6. Mudah mengamati reaksi, pada jenis alat alat kaca laboratorium umumnya dibuat dengan bahan kaca bening berbahan dasar kaca borosilicate, sehingga mudah bagi kita melihat reaksi apa yang terjadi.

7. Mudah mengukur cairan, selain tabung atau wadah untuk mereaksikan, beberapa alat kaca digunakan untuk pengukuran seperti gelas ukur, burette, labu ukur dll. akan lebih mudah kalau kita melihatnya dalam kaca yang bening.

Baca juga: Fakta Unik dan Mengejutkan Seputar Otak Manusia

Nah, itulah beberapa alasan kenapa gelas kaca sering digunakan di percobaan ilmiah. Sekarang gak penasaran lagi kan?

Posting Komentar

0 Komentar