Kenapa Air Galon Berbunyi Sendiri di Malam Hari?

CASHDIK.COM - Ketika malam tiba, entah mengapa air galon di dispenser berbunyi sendiri. Apakah kejadian ini terkait hal mistis, ada 'seorang' setan yang haus lalu minum air di galon? Tentu tidak, ada penjelasan ilmiah terkait hal ini.

Perlu diketahui bahwa hal ini disebut resonansi. Sebagai informasi, sebenarnya bunyi itu tidak hanya terjadi tengah malam, tapi bisa kapan saja, hanya saja kalau siang hari, bunyi galon tersebut tidak terdengar.

Baca juga: Dinobatkan Sebagai yang Termahal, Apa Istimewanya Daging Sapi Wagyu

Resonansi adalah ikut bergetarnya suatu benda, karena getaran benda lain yang melewatinya. Resonansi bisa terjadi dengan syarat benda yang ikut bergetar (galon) tersebut, memiliki frekuensi diri yang sama dengan frekuensi getaran yang melewatinya.


Air Galon di Dispenser

Bentuk atau (kemungkinan) posisi galon tersebut secara kebetulan berpotensi untuk memerangkap getaran suara apa saja. Jika kebetulan ada getaran yang lemah (misalnya getaran suara dari kompressor AC, atau suara kipas angin) melewati galon, dan getaran itu sedemikan lemah sehingga tidak terdengar oleh telinga manusia.

Namun, jika kebetulan getaran tersebut sama dengan frekuensi diri dari galon tersebut, maka getaran suara yang lemah tadi akan beresonansi dan diperkuat hingga akhirnya bisa terdengar oleh telinga kita.

Baca juga: Kenapa Cintin Pernikahan Selalu Dipakai di Jari Manis?

Jadi seolah-olah kita mendengar galon itu bisa bersuara sendiri, padahal galon tersebut hanya memperkuat getaran lemah yang lewat disekitarnya.

Cara paling mudah untuk menghilangkan bunyi itu bisa dengan selalu menutup mulut galon.

Posting Komentar

0 Komentar