Sering Menangis saat Nonton Film? Artinya Kamu Punya Kelebihan Istimewa Ini

CASHDIK.COM - Menangis dianggap sebagai tanda kelemahan seseorang (cengeng). Dibalik itu, menangis juga memiliki banyak efek positif terhadap kesehatan, bahkan melapangkan beban di dadamu. Tangisan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bahkan ada yang hanya nonton film dan itu mampu membuatnya menangis.

Apa kamu termasuk orang yang gampang menangis saat menonton film sedih? Mungkin orang lain akan mengira kamu cengeng, gitu aja nangis, tapi sebenarnya kamu punya kelebihan yang istimewa! Apa itu?

Baca juga: Daftar Pelajaran Hidup yang Harus Kamu Mengerti Sebelum Usia 30an


Menangis / Sedih saat menonton film


Banyak orang tak kuasa menahan air mata saat menonton adegan yang sedih atau mengharukan. Hal ini tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga bisa terjadi pada pria. Hal ini bukan berarti kamu orang yang emosional atau rapuh, tapi ini menunjukkan kalau kamu sangat manusiawi dan cocok untuk menjadi pemimpin!

Faktanya, menangis saat menonton film adalah hasil kerja dari 'sistem mirror neuron'. Sistem ini merupakan wilayah otak yang berkaitan erat dengan respon empati dan kesadaran. Mudah menangis atau terhanyut ke dalam film menunjukkan sistem ini lebih berkembang, membuatmu dapat merenungkan dan meniru perilaku orang lain, muncul perasaan empati. 

Walaupun cuma film dan sama sekali tidak ada hubungan denganmu, tapi kamu tetap seakan-akan 'terhubung' dengan tokoh bahkan ikut sedih karenanya.

Selain itu, empati yang tinggi juga dianggap sebagai salah satu karakteristik penting dari pemimpin yang baik. Empati yang tinggi membuatmu dapat berpikir di posisi orang lain, mengerti kebutuhan teman satu tim maupun kebutuhan pelanggan. Selain itu, pemimpin dengan empati yang tinggi tidak akan melewatkan informasi relevan yang penting bagi organisasi.

Baca juga: Kenapa Mata Kucing Bisa Menyala Dalam Gelap?

Tidak hanya itu, pelepasan oksitosin oleh otak juga membuat kita lebih sensitif terhadap hal-hal di sekitar, membantu kita melihat berbagai hal dari berbagai sudut pandang dan lebih peduli pada orang lain sekalipun orang itu adalah orang asing.

Jadi jika kamu sering menangis ketika menonton film, jangan malu, malah kamu harus bangga! Kamu punya kelebihan yang istimewa!

Posting Komentar

0 Komentar