Apa Itu Psikologi Klinis dan Apa Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari?

CASHDIK.COM - Kamu pernah mendengar tentang psikologi klinis, sebenarnya apa yang dimaksud dengan psikologi klinis? Apabila diartikan, psikologi klinis merupakan sebuah ilmu yang di dalamnya berkaitan dengan bidang terapan psikologi, atau psikologi terapan selain adanya psikologi pendidikan dan juga industri serta juga organisasi. 

apa itu psikologi klinis dan apa contohnya


Pengertian psikologi klinis

Secara sempit etika dalam praktik psikologi klinis merupakan sebuah tugas yang mempelajari orang abnormal dan juga subnormal. Di dalamnya menggunakan sebuah tes pada bagian sisi integral dan juga sebuah pemerikasaan yang dilakukan didalam sebuah rumah sakit.

Baca juga: Pengertian Ilmu Psikologi Menrut Para Ahli

Apabila diartikan secara luas, psikologi klinis merupakan sebuah bidang psikologis yang di dalamnya membahas dan juga mempelajari sebuah kesulitan dan juga rintangan adanya emosional pada diri manusia. Dalam hal ini juga tidak memandang apakah subnormal dan juga abnormal.

Manfaat psikologi klinis

Jika kita membahas mengenai hal- hal yang berkaitan dengan psikologi klinis, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya:

1. Dapat mengetahui karakteristik seseorang
2. Mendapatkan ilmu baru
3. Mengetahui lebih dalam tentang kebiasaan seseorang
4. Memiliki manfaat dalam persiapan konseling
5. Dapat menemukan masalah
6. Dapat mengukur kemampuan
7. Punya nilai motivsi yang tinggi
8. Sangat membantu dalam proses mediasi

Itulah beberapa manfaat dari psikologi kilnis. Dan berikutnya adalah contoh dari pengaplikasian ilmu psikologi klinis dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh penerapan psikologi klinis dalam kehidupan sehari-hari

apa itu psikologi klinis dan bagaimana contohnya

Psikologi klinis tentunya memiliki pengaruh pada berbagai bidang mengingat ilmu terapan ini dapat digunakan di berbagai bidang dna dapat mengidentifikasi sesuai apa yang dirasakan oleh individu, sebab itu psikologi klinis itu luas, yakni dapat diterapkan atau memiliki aplikasi psikologi klinis dalam berbagai bidang. Berikut contoh penerapan psikologi klinis di kehidupan sehari-hari.

1. Lingkup sosial

Penerapan psikologi klinis  yang pertama adalah digunakan untuk memahami dan menjelaskan bagaimana perilaku dapat terbentuk yakni yang berhubungan dengan interaksi antar manusia di suatu lingkungan sosial, bagaimana seseorang berperilaku baik itu positif maupun negatif dan bagaimana respon masyarakat terhadap perilaku antar individu yang diterimanya serta pandangannya terhadap satu sama lain untuk menciptakan kedamaian dalam lingkungan sosial.

2. Mental seseorang

Ialah Aplikasi psikologi klinis dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan jiwa atau kesehatan mental seseorang. Bagaimana kondisi mental orang tersebut dalam menghadapi dirinya sendiri dan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang ada, seringkali seseorang tidak mengalami perkembangan karena tekanan di mentalnya, hal itu akan diatasi dengan identifikasi psikologi klinis.


3. Percintaan

Yaitu Aplikasi psikologi klinis dalam berbagai bidang yang khusus membahas mengenai hubungan dua insan, tentunya dalam setiap hubungan dibutuhkan saling pengertian dan saling memahami untuk bisa mencapai tujuan bersama dan untuk bisa menyelesaikan segala rintangan yang dihadapi bersama sama tanpa ada salah satu yang terbebani.

Misalnya ialah sepasang suami istri yang sedang mendapat kesulitan dalam hal ekonomi maka hal tersebut jelas akan berpengaruh pada emosional keduanya dan berpengaruh pada aktifitas sehari hari, psikologi klinis akan membantu mereka untuk saling menguatkan dan saling menyatukan diri menghadapi segala permasalah bersama sama.

4. Lingkungan keluarga

Aplikasi psikologi klinis dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan keluarga ditujukan untuk menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan bagi seluruh anggota keluarga, untuk satu sama lain bisa saling menerima dan untuk satu sama lain bisa saling memotivasi dan saling menghargai.

Misalnya ialah antara orang tua dan anak yang keduanya membutuhkan motivasi satu sama lain agar mampu menjalankan perannya sebaik mungkin, yakni peran kebutuhan secara lahir, peran kasih sayang, dan peran dalam pemecahan masalah bersama sama sehingga tercapai keluarga yang penuh kedamaian dan penuh kebahagiaan serta menjadi contoh untuk kehidupan keluarga di masa depannya.


5. Agama

Membahas tentang kemampuan seseorang untuk memahami dan menerapkan norma agama sehingga dapat berpengaruh positif dalam kehidupan sehari harinya. Dalam kehidupan sehari hari contohnya ialah ajaran agama islam yang menanamkan kebaikan terhadap sesama maka hal itu harus bisa diterapkan dalam interaksi sosial dan tertanam kuat dalam jiwa psikologisnya.

Demikian artikel tentang pembahasan lengkap dari psikologi klinis, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Dan jangan lupa untuk terus menggali segala jenis informasi di blog ini. Terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar