Apa Itu Shitpost? Meme Paling Laris di Indonesia

Apa Itu Shitpost? Meme Paling Laris di Indonesia

CASHDIK.COM - Mungkin kita sudah akrab dengan yang namanya "meme" (dibaca mim).  Belakangan shitposting jadi tren internet yang populer banget di kalangan anak muda. Gaya bercanda berbasis meme yang cenderung konyol, absurd, dan sarkas ini sepertinya punya tempat sendiri di hati kaum millenial.


Shitpost indonesia

Dan tentu saja kamu sudah sering mendengar istilah Shitpost atau Shitposting, istilah tersebut kerap tersebar di media sosial. Sebetulnya apa arti dari shitpost itu sendiri?

Baca juga: Mengenal Istilah Negara Berflower yang Sering Dipakai Warganet


Apa itu shitpost

Mengutip dari wikipedia, shitposting adalah tindakan mengirimkan konten yang agresif, ironi, maupun troll tingkat rendah dalam skala yang besar. Terkadang, shitposting digunakan untuk mengalihkan pembicaraan atau membuat para pengunjung situs web menjadi kurang nyaman.


Apa yang dimaksud dengan shitpost


Sedangkan untuk shitpost dalam artian yang sebenarnya (secara internasional), shitpost adalah konten yang tanpa konteks, tidak diprediksi sebelumnya, namun lucu.

Baca juga: Daftar Lengkap Istilah Gaul, Gocap, Goceng, Ceban

Shitpost ini hampir sama seperti meme, namun yang membedakan adalah pada konten shitpost tidak diperlukan sebuah tulisan untuk menunjukkan dimana lucunya. Hanya sebuah gambar tanpa tulisan ber-stroke, tanpa caption, postingan shitpost bisa membuat penikmatnya tertawa.

Selain itu, yang membuat shitpost ini berbeda dari mim adalah sifatnya. Sifat shitpost lebih keras dan kasar dibanding mim. Jadi shitpost tidak cocok untuk orang-orang yang baru beberapa tahun bermain internet, bermain internet hanya di kalangan orang Indonesa, dan orang-orang yang mudah kebakaran jenggot.


Saking seringnya shitposting muncul, kadang terlintas pertanyaan, apakah anak-anak muda zaman sekarang memang males banget berdiskusi serius? Atau justru shitposting ini adalah pertanda generasi yang kreatif?



Mengapa banyak remaja suka dengan shitposting?

Dilihat dari penggunaannya sih, shitposting adalah cara mudah mematahkan opini yang berseberangan tanpa harus berargumentasi. Karena itu dipilihlah cara konyol dan cenderung ambigu seperti shitposting tadi. Atau memang pengen sekadar merusak suasana saja.

Baca juga: Sering Disalah Artikan, Ini Arti dari 'Anak Indie'

Sebagai contoh, teman-teman kamu sedang berdebat panjang lebar di Facebook tentang lebih bagus mana antara Marvel Universe atau DC Universe. Karena merasa obrolan ini ribet banget kamu jadi iseng pengen merusak suasana dengan posting meme bergambar kuda nyengir dengan tulisan “Ngomongin Apa Sih?” Otomatis obrolan serius itu tadi jadi kacau, dan orang pun mulai becanda-canda gak jelas.


Apa yang dimaksud dengan shitpost

Sebenarnya di satu sisi hal ini memang bisa jadi menarik karena tidak jarang beberapa shitposting lucu. Bahkan kita pun rela men-share lagi di timeline dan jadi bahan lucu-lucuan.

Saking seringnya shitposting muncul, kadang terlintas pertanyaan, apakah anak-anak muda zaman sekarang memang males banget berdiskusi serius? Atau justru shitposting ini adalah pertanda generasi yang kreatif?

Posting Komentar

1 Komentar