Apa Itu Skincare dan Seberapa Penting Fungsinya?

Apa Itu Skincare dan Seberapa Penting Fungsinya?

CASHDIK.COM - Jika seorang pria hanya menggunakan sabun muka untuk mencuci wajahnya, lain halnya dengaan wanita. Kaum hawa 'tidak bisa' mencuci wajahnya hanya dengan sabun, mereka perlu perawatan dan produk tertentu untuk wajahnya, untuk itu terciptalah skincare.


apa itu scincare


Apa itu skincare?

Berdasarkan Wikipedia, skincare adalah suatu rangkaian praktek yang mendukung integritas kulit, memperindah penampilan dan menyelesaikan masalah kulit. Nutrisi, mengurangi paparan sinar matahari dan penggunaan emolien(pelembab) juga termasuk di dalamnya.

Baca juga: Pembahasan Lengkap Tentang Obat Viagra, Efek, Resiko dan Berapa Harganya?

Segala praktik yang dapat memperindah penampilan kamupun dapat dikategorikan sebagai suatu rangkaian skincare. Skincare merupakan rutinitas harian dengan berbagai macam kondisi, misalnya perawatan untuk kulit kering, perawatan untuk luka pada kulit, pencegahan dermatitis, dll.

Skincare sendiri memiliki posisi yang sangat dekat dengan kosmetik dan dermatologi. Menurut Badan Pengawas Obat, Makanan, dan Kosmetik Amerika Serikat, kosmetik adalah produk yang ditujukan untuk membersihkan atau untuk mempercantik seperti lipstik.

Skincare merupakan kategori terpisah yang digunakan untuk medikasi, yang digunakan untuk menyembuhkan dan merawat masalah atau untuk mengubah struktur atau fungsi tubuh (sebagai contoh adalah sunscreen dan krim acne).

Produk skincare sendiri ada bermacam-macam dan disesuaikan dengan kondisi wajah. Misalnya, jika wajah kamu berminyak maka skincare yang digunakan adalah yang ampuh mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Begitu pula untuk wajah kering, skincare yang digunakan adalah untuk melembabkan kulit wajah.

Baca juga: Inilah 5 Alasan Kenapa Pria Sangat Menyukai Payudara Wanita


Apakah skincare itu perlu?

apa itu skincare

Jika wajah diibaratkan sebagai sebuah rumah, maka rumah itu perlu dirawat dengan membersihkannya secara berkala. Bagi sebagian orang mungkin merasa skincare itu tidak diperlukan karena kulit wajah yang tetap sehat dan bebas jerawat meski tanpa perawatan. Ya! Kondisi wajah ini bisa saja terjadi, namun tidak akan bertahan selamanya.

Alangkah lebih baik jika seseorang merawat wajahnya dengan cara tertentu (skincare) daripada tampil terlalu alami dan cenderung tidak perduli soal wajahnya. 

Tanda-tanda penuaan dini ini dapat diperlambat kemunculannya dengan menggunakan skin care mulai sekarang. Agar tidak lagi ragu, ayo cari tahu dulu 5 manfaat penggunaan skin care yang dilansir dari Beauty Journal berikut:


pentingnya perawatan skincare


Baca juga: Manfaat Mengejutkan dari Buah Manggis 


1. Menutrisi kulit

Merawat wajah dengan skin care sejak dini dapat menutrisi kulit setelah seharian beraktivitas. Kulit akan menjadi sehat dan terawat berkat kandungan yang terdapat di dalam skin care, seperti kolagen yang dapat mengencangkan kulit, vitamin C yang mampu menetralisir radikal bebas pada kulit, hyaluronic acid yang dapat melembapkan, atau AHA BHA yang mampu mencerahkan kulit.


2. Mununda tanda-tanda penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit kamu akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Agar tetap kencang, penting untuk meremajakan kulit dengan menggunakan rangkaian skin care yang tepat sejak dini. Kamu bisa memperlambat proses penuaan secara signifikan dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat.


3. Meminimalisir bintik hitam

Dark spot bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu karena paparan sinar UV. Jika kamu sering beraktivitas keluar rumah, sebaiknya lindungi kulit, khususnya wajah, dengan menggunakan sunscreen. Suncsreen merupakan salah satu rangkaian skin care yang tidak boleh sampai kamu lupakan. Kandungan SPF di dalamnya mencegah timbulnya dark spot yang merusak kesehatan kulit. Gunakanlah sunscreen yang nyaman dan tidak lengket di wajah.

Baca juga: Bagaimana Cara Tumbuhan Mendapatkan Makanannya?


4. Meremajakan kulit

Dengan penggunaan skin care secara rutin, kulit juga akan terasa kenyal dan lembut. Banyak kandungan yang ada di dalam skin care membantu menutrisi kulit, salah satunya kolagen. Kolagen memiliki peran penting untuk menjaga elastisitas kulit yang membuat kulit menjadi lebih muda, kenyal, dan juga lembut.


5. Mencerahkan kulit

Kehilangan hidrasi di bawah permukaan kulit, menyebabkan penurunan ketebalan kulit. Tanpa kelembapan, kulit kamu akan terlihat kusam. Oleh karenanya, cari dan gunakan skin care yang bisa menghidrasi kulit secara menyeluruh, mulai dari lapisan kulit paling dalam hingga luar. 

Kulit yang terhidrasi dengan baik memiliki tingkat kelembapan seimbang, yakni tidak terlalu kering atau berminyak. kamu pun dapat mengaplikasikan makeup dengan mudah.

Baca juga: Wajah Cantik Bersih dengan Daun Kemangi, Jerawat pun Hilang Tak Kembali

Nah, itulah ulasan lengkap tentang skincare, mulai dari penjelasan mengenai skincare hingga alasan mengapa kamu harus menggunakan skincare. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar