Pengertian Ilmu Psikologi Menurut Para Ahli

CASHDIK.COM - Berbicara tentang ilmu psikologi, ternyata bukan sekadar mengamati dan menilai perilaku manusia. Lebih dari itu, psikologi punya ruang lingkup yang lebih luas. Lantas, apa definisi dari psikologi itu sendiri?

apa itu psikologi

APA ITU PSIKOLOGI


Psikologi berasal dari kata Psyche dan Logos. Psyche dalam bahasa Yunani artinya jiwa dan Logos dalam bahasa Yunani artinya ilmu. Singkatnya, psikologi adalah ilmu tentang jiwa.

Psikologi artinya adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya. Berbicara tentang hal jiwa, terlebih dahulu kita harus bisa membedakan antara nyawa dan jiwa.

Baca juga: Patuhi Aturan Ini untuk Menjadi Orang yang Berkarakter Dewasa

Nyawa adalah daya jasmaniyah yg adanya pada hidup jasmanidan menimbulkan perbuatan badaniyah {organic beharviour} yaitu perbuatan yang di timbulkan oleh proses belajar. Misalnya : instink, refleks, nafsu nyawanya

Sedang jiwa adalah daya hidup rohaniyah yang bersifat abstak yang menjadi penggerak dan pengatur bagi sekalian perbuatan-perbuatan pribadi {personal behaviour} dikutip dari kompasiana.

Suatu ilmu disebut sains hanya jika dipelajari dengan mengobservasi fenomena. Pikiran itu sendiri tidak bisa diobservasi secara langsung. Oleh karena itu, definisi  psikologi diperluas menjadi ilmu pengetahuan yang mempelajari pikiran dan perilaku manusia secara ilmiah.

Pengertian Psikologi  Menurut Para Psikolog


Berikut pengertian Psikologi menurut Para Psikolog Ahli Psikologi:

1. Pengertian Psikologi oleh Plato dan Aristoteles
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

2. Wilhem Wundt
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia. Seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.

3. Woodworth dan Marquis
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia. Aktivitas yang ada dalam hubungannya dengan alam sekitar.

Baca juga: Pengertian Gangguan Kepribadian Ganda, Gejala dan Prosesnya

4. Knight and Knight
Psikologi adalah ilmu yang  mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau social.

5. Dr. Singgih Dirgagunarsa
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

6. John Broadus Watson
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah). Dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon).

7. Hilgert
Psikologi adalah  mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.

8. Clifford T Morgan
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.

9. Garden Murphy
Psikologi adalah Ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.

10. George Berkeley
Psikologi adalah ilmu tentang penginderaan (persepsi).

Demikian, penjelasan mengenai pengertian dari ilmu psikologi, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar