Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Trading

CASHDIK.COM - Mungkin kamu sering mendengar istilah Trading? Ya! Di media sosial sering bergentayangan iklan trading tersebut. Apakah trading hanya sekadar iklan? Tentu bukan. Simak ulasan lengkap tentang trading di artikel berikut.

Trading diambil dari bahasa Inggris, artinya melakukan pertukaran barang atau jasa dari satu pihak ke pihak lain. Namun, kini istilah trading sedikit berbeda maknanya.

Apa itu trading

Apa itu trading?


Aktivitas pertukaran tersebut muncul karena spesialiasi dan pembagian kerja (spesialisasi tenaga kerja). Artinya, karena ketrampilan individu sudah mengerucut dan terbagi-bagi, mereka hanya memfokuskan produksi suatu barang atau jasa tertentu secara spesifik. Dampaknya, mereka tidak memiliki cukup waktu dan sumber daya untuk memenuhi semua kebutuhan mereka.

Baca juga: Pengalaman Bermain Trading di Olymp Trade, Benarkah Broker Ini Penipu?

Oleh karena itu, kegiatan Trading mendasari tiap individu untuk menukarkan barang atau jasa hasil produksi mereka dengan kebutuhan pribadi masing-masing. Kegiatan trading paling awal dikenal sebagai barter, bentuk pertukaran paling sederhana sebelum standarisasi alat tukar seperti uang ditemukan.

Setelah ditemukannya mata uang, kegiatan Trading mengalami perubahan. Proses pertukaran menjadi jauh lebih efisien dengan munculnya pembagian penawaran (jual) dengan permintaan (beli). Karena peningkatan efisiensi ini, individu memiliki potensi untuk mendapat surplus keuntungan atau profit dibanding modal awalnya.

Sekarang ini orang-orang lebih mengenal trading sebagai aktivitas memperjualbelikan instrumen investasi dalam jangka waktu yang singkat. Aktivitas Trading pun merupakan aktivitas berdagang yang dapat memberikan keuntungan dalam rentang waktu yang pendek.

Baca juga: Bermain Trading Termasuk Investasi atau Judi?

Karenanya, untuk melakukan trading, seorang trader perlu teliti dalam memilih instrumen investasi yang dibelinya.

Mengapa banyak orang tertarik dengan trading?

Apa itu trading

Banyak orang yang telah terjun di dunia Trading, mengatakan bahwa kegiatan trading sangatlah menguntungkan. Trading pun dipandang sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan uang secara singkat. Oleh karenanya, tidak sedikit orang yang tadinya awam soal trading menjadi tertarik mendalaminya.

Trading, apa pun instrumennya, memang sangat menjanjikan keuntungan. Memang anggapan demikian tidaklah salah, tidak jarang ada yang mendapatkan kekayaan dalam waktu singkat dengan trading.

Namun hal ini harus dibarengi dengan pemahaman akan risiko yang ada dari trading itu sendiri. Jadi, trading juga jangan hanya dilihat dari sisi kerennya saja. Tidak semua orang bisa kaya karena trading, hanya beberapa saja yang sukses di bidang ini. Contohnya? Alan Suryajana, hehe.

Baca juga: Kupas Tuntas Bisnis Database atau Pin Konveksi, Menipu dan Membodohi?!

Meskipun begitu, trading dipandang sangatlah cocok bagi seseorang dengan modal terbatas yang memiliki banyak waktu luang. Dengan mengetahui seluk beluknya, pastinya Anda dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari trading.

Instrumen trading


Trading dapat dilakukan dalam berbagai instrumen investasi. Dalam memilih instrumen trading, ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi agar Anda sebagai trader bisa melakukan trading dengan nyaman:

1. Perhatikan likuiditas instrumen trading. Instrumen yang memiliki likuiditas yang tinggi, akan sering diperdagangkan dan mudah untuk dijual kembali.

2. Perhatikan fluktuasi harga instrumen trading. Kegiatan trading adalah kegiatan yang memanfaatkan fluktuasi harga untuk mendapatkan keuntungan. Bila harga semakin fluktuatif, maka semakin besar peluang keuntungan yang diperoleh, juga semakin besar potensi risiko yang ada.

3. Perhatikan tingkat leverage instrumen trading. Ada beberapa broker dari instrumen trading tertentu memberikan leverage hingga 1:100. semakin besar tingkat leverage, maka semakin besar peluang keuntungan yang diperoleh, juga semakin besar potensi risiko yang ada.

4. Perhatikan Setoran Modal Awalnya. Selama ini aktivitas trading selalu dipandang mahal, namun kini, trading pun bisa dilakukan dengan modal yang sangat terjangkau. Trading Saham pun dapat dimulai dari Rp100.000 saja, sementara trading forex sekarang juga sudah dapat dilakukan dari US$10 saja.

Demikian penjelasan mengenai apa itu trading. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bisa menjadi acuan terjun ke dunia tradng.

Posting Komentar

0 Komentar