Tips Finansial (Keuangan) yang Harus Kamu Ketahui dari Sekarang

Tips Finansial (Keuangan) yang Harus Kamu Ketahui dari Sekarang

CASHDIK.COM - Kita ini ibarat mesin ATM yang terus menerus menghasilkan uang selagi bisa bekerja. Sayangnya, banyak dari kita yang sembarangan dalam mengatur pengeluaran, malah miskin dari segi finansial.

Untuk memperoleh kebebasan finansial (tidak bekerja, tapi masih bisa mendapatkan penghasilan), maka kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan. Tapi untuk mencapai kondisi ini tentunya gak mudah. Diperlukan usaha dan kedisiplinan untuk mewujudkannya. Berikut tips untuk mengatur keuangan hingga bisa memperoleh kebebasan finansial:

Cara meraih kebebasan finansial


Baca juga: Ketahui Curangnya Cara Kerja Pinjaman Online yang Mencekik

1. Jangan berhutang. Jangan berhutang kecuali untuk keadaan darurat. Jangan nyicil rumah, jangan nyicil mobil, jangan gunakan kartu kredit, dan lain-lain. Jika kamu ingin membeli rumah, gunakanlah uang yang kamu miliki. Jangan berhutang untuk alasan apapun.

2. Tetapkan tujuan untuk meningkatkan jumlah asetmu. Aset itu berupa perumahan, reksadana, saham, dan lain-lain.

3. Kamu akan kehilangan nilai uangmu jika kamu hanya menabungnya di bank atau deposito. Berinvestasilah dalam instrumen yang memberikan imbal hasil yang lumayan setelah dikurangi inflasi dan pajak.

4. Jika kamu sering berbelanja secara daring, maka gunakanlah situs yang memberikan cashback. Cek lah secara berkala poin hadiah dari kartu debitmu (poin memiliki masa berlaku).

5. Milikilah dana darurat, sebaiknya disimpan dalam deposito berjangka karena mudah untuk dicairkan. Alternatif lain adalah kamu dapat menyimpan dana darurat pada reksadana (terima kasih kepada Shantanu Marathe untuk sarannya).

Baca juga: Daftar Lengkap Istilah Gaul, Gocap, Goceng, Ceban

6. Asuransi bukanlah investasi. Belilah satu asuransi kesehatan yang mencakup kamu dan keluargamu. Hindari semua jenis asuransi yang menjanjikan tingkat penawaran tinggi setelah beberapa tahun.

7. Jika kamu ingin berinvestasi pada reksadana, kunjungilah situsnya, daftar dan berinvestasilah sendiri. Jangan melalui perantara. Perantara ini mengenakan biaya komisi dan untuk jangka panjang akan menguras uangmu.

8. Keluarkan uangmu hanya untuk barang yang kamu BUTUHKAN. Jangan keluarkan uangmu untuk barang yang kamu INGINKAN.

9. Membeli mobil adalah hal terburuk yang dapat kamu lakukan dengan uangmu, kecuali kamu sering bepergian atau kamu seorang miliuner.

10. Jangan memberikan hutang kepada siapapun (kecuali keluarga intimu). Pinjamkanlah uang jika kamu siap mengikhaskannya (tidak dikembalikan).

Cara meraih kebebasan finansial


11. Tidak ada pekerjaan yang aman. Entah itu dibidang IT, perbankan atau apapun. Otomatisasi perlahan menggantikan pekerjaan. Dunia berubah secara eksponensial. Kita bahkan sudah tidak dapat mengingat jenis ponsel favorit Nokia atau Blackberry kita. Airtel, Paytm menjadikan perbankan 100% digital. Rupay perlahan-lahan menghancurkan Mastercard dan Visa. Seluruh jagad internet kewalahan karena aplikasi blokir iklan yang simpel. Jadi, selalulah miliki keterampilan cadangan.

Baca juga: Ingin Menabung Rp 10 - 100 Juta Dalam Setahun? Begini Caranya!

12. Simpanlah selalu 20% dari pendapatanmu apapun yang terjadi. Anggap saja kamu tidak pernah mendapatkan 20% tersebut dari awal.

13. Belajarlah tentang perpajakan. Ada begitu banyak cara yang legal untuk mengurangi pajak pendapatanmu. Kamu dapat mengurangi pajakmu hingga Rs.1,50,000 dibawah 80C. Kamu dapat menginvestasikan Rs.1,50,000 tersebut kedalam ELSS yang dapat memberikanmu imbal hasil lebih dari 12%.

14. Trading sehari-hari itu sangat beresiko. Jika kamu tidak tahu apapun tentang trading sebaiknya hindari. Itu bukan untuk semua orang.

15. Berdonasilah. Sebenarnya ini bukan tip finansial, tetapi jika kamu membantu seseorang yang sedang membutuhkan, suatu hari nanti seseorang akan membantumu ketika kamu membutuhkan. Karma.

16. Ambil tanggung jawab penuh. Tiap orang memiliki kesempatan yang relatif sama untuk menentukan masa depannya. Ambil tanggung jawab penuh terhadap setiap keputusan keuangan yang kamu buat. Keputusan kamu saat ini mempengaruhi kehidupan keuanganmu di masa mendatang.

Baca juga: Bagaimana Rasanya Tinggal di Apartemen?

17. Buatlah tujuan keuangan. Hanya dengan tujuan keuangan yang jelas, maka kamu bisa mengenali kemampuan terbaikmu. Tujuan keuangan juga bermanfaat untuk membuatmu termotivasi menjalani hidup sesuai dengan apa yang kamu mimpikan.

Posting Komentar

0 Komentar