5 Situs yang Terbukti Membayar Para Penulisnya: Tahun 2020

CASHDIK.COM - Mencari uang dari internet itu susah-susah gampang, jika kamu niat maka sudah pasti bisa mencapatkannya. Seperti kata pepatah 'banyak jalan menuju roma uang', hehe. Bisnis yang paling saya sukai adalah bisnis online, selain tanpa modal, mencari uang secara online juga banyak sekali caranya. Lantas, bagaimana caranya menulis dapat uang?

Mencari uang sebagai penulis online


Untuk mendapatkan uang, kamu bisa mengisi survey online (tapi receh), menulis, menjual foto milikmu, dan masih banyak lagi. Selama ini saya berkutat dalam dunia kepenulisan, karena memang saya menyukainya. Nah berikut ini adalah situs-situs yang terbukti membayar para penulisnya di tahun 2019. Simak daftarnya:

Baca juga: Bisnis Internet Terbaik yang Bisa Kamu Mulai Hari Ini

1. Kaskus

cara mendapatkan uang lewat internet

 


Saya menempatkan Kaskus di posisi pertama karena Kaskus lah yang telah mengajari saya menulis. Dari yang awalnya hanya copas, sekarang mampu berfikir kreatif. Kaskus membayar penulis thread mereka sesuai dengan jumlah view yang didapatkan artikel tersebut.

Kaskus meluncurkan program tersebut dengan nama Kaskus Kreator. Sejauh ini saya masih mengikutinya, apalagi kalau ada event menulis. Cara penghitungan pendapatan Kaskus adalah sebagai berikut:

1 view = 1 poin, 1 poin = 1 rupiah, artinya jika artikelmu mendapatkan 100.000 view maka kamu mendapat uang Rp. 100.000;. Kaskus juga kerap mengadakan event yang biasanya satu artikel dihargai Rp. 30.000 - 80.000;. Jadi menulis online di Kaskus benar-benar dibayar.

menulis di kaskus dapat bayaran
Sisa saldo saya di kaskus

2. UC News

cara mendapatkan uang lewat internet

 


Sejauh yang saya tahu, UC News adalah media dengan judul berita paling click bait saat ini. Kalau tidak percaya cek saja ke webnya sendiri. UC News terbukti membayar para penulisnya dengan nominal yang berbeda-beda, tergantung dari view yang didapat.

Sayangnya, untuk mendapatkan uang dari UC, kamu harus lolos beberapa persyaratan, lebih lengkapnya kamu bisa membaca syarat UC News di sini: Pengalaman menulis di UC News, Berapa Bayarannya?

Dari curhatan beberapa penulis UC, nominal bayaran mereka jauh menurun dibanding beberapa tahun lalu. Sekarang, artikel dengan view ribuan hanya mendapat $ 0.5 - 1 dollar saja. Jadi menurut saya mencari uang dari UC News kurang menjanjikan.

3. IDN Times

menulis dapat bayaran

 


Siapa sih yang gak tahu dengan portal berita milenial ini. Nah, IDN Times juga terbukti membayar para penulisnya, nominalnya hampir sama dengan Kaskus. IDN sering sekali mengadakan event menulis dengan topik tertentu dan mendapatkan bonus (reward) yang menggiurkan.

Baca juga: Pengalaman Menulis di Jitunews.com, Berapa Bayarannya?

Untuk urusan uang, IDN Times lebih menjanjikan daripada Kaskus dan UC News. Sayangnya, moderasi artikel yang dikirim sangatlah lama. Saya pernah mengirim 3 artikel dan selama 1 bulan tidak mendapatkan pemberitahuan lolos atau tidak. Karena itu saya malas menulis di sana lagi.


4. Quora

cara mendapatkan uang lewat internet


Baru pertama kali mendengar Quora? Ya memang Quora masih belum seterkenal media lain. Quora sendiri adalah situs/sosial media tanya jawab layaknya Brainly. Saya paling betah kalau membaca di sini, ilmunya banyak dan topiknya out of the box.

Bahasa di Quora sendiri baku dan harus EYD, tapi tenang saja karena yang mendapat bayaran bukanlah si penulis jawaban, melainkan yang menjawab pertanyaan. Contoh: Saya mengajukan pertanyaan 'kenapa langit berwarna biru?' kemudian ada yang menjawab pertanyaan saya. View dari jawaban tersebut akan menjadi penghasilan bagi saya. Menarik bukan?

Namun sayang, hanya orang tertentu yang bisa mendapatkan uang. Untuk tau lebih banyak tentang program Mitra Quora, kamu bisa membaca artikel berikut:
Berkenalan dengan Aplikasi Tanya Jawab Quora, Auto Pintar & Auto Kaya

5. Brilio

cara mendapatkan uang lewat internet


Brilio juga membayar para penulis online mereka. Berbeda dengan situs lain yang menghargai artikel sesuai dengan view yang didapat. Brilio telah menetapkan jumlah bayaran tersebut, yakni Rp. 200.000 per artikel. Nominal yang jauh lebih besar dibanding website lain.

Sayangnya, artikel yang mendapat bayaran adalah arikel yang 'beruntung' dan masuk ke laman utama mereka. Sejauh ini saya mengirim 4 artikel dengan view 4.000-an tapi tidak satupun yang beruntung, alias pendapatan saya nol.

Baca juga: Kupas Tuntas Bisnis Penipuan Berkedok MLM (Multi Level Marketing)

Nah itu dia lima daftar situs yang cocok banget dijadikan sampingan untuk mendapatkan penghasilan. Sebetulnya masih ada banyak lagi situs yang membayar penulisnya, seperti Mojok.co, basabasi, seaword, medium dan lain lain. Namun saya hanya menyampaikan beberapa situs yang sudah saya coba sebelumnya. Saat ini saya masih aktif di Kaskus Kreator, Quora dan blogging.

Sekian dan terimakasih.



Posting Komentar

0 Komentar