Menunggu PIN Google Adsense yang Tak Kunjung Datang

CASHDIK.COM - Hari ini, tanggal 26 November 2019, saya baru saja mendapatkan PIN Google Adsense. Perlu diketahui, pin ini dikirim sejak 6 - 7 bulan yang lalu. Ya, 7 bulanan baru sampai, entah apa yang menjadi kendala. 

Bahkan saya sudah mencari (menjemput) pin adsense ini ke 3 kantor Pos Indonesia yang paling dekat dengan rumah saya dan hasilnya nihil.
PIN Google Adsense
Catatan: PIN Google Adsense akan dikirim jika saldo akun sudah mencapai 10 dollar (Rp. 140.000), akun saya telah mencapai nominal Rp. 300.000 kala itu. Lokasi saya juga tidak terpencil, tidak harus melewati gunung dan lembah untuk mencapainya, kamu bisa cek kode pos 57271 kalau mau. 

Baca juga: Pengalaman Bekerja Sebagai Promotor Oppo

Dan hari ini saya mendapat pin dengan beberapa kiriman serupa, kemungkinan adalah pin yang dikirim menunggu kiriman serupa (Pin Adsense) dari mitra yang lain. Entah dari kantor pos pusat atau dari pihak Pos Indonesia sendiri yang 'menahannya'. 

Dibalik kertas Pin Google Adsense ini terdapat alamat pos dari negeri Vietnam (Vietnam Post International mail). Karena sudah 6 - 7 bulan saya tidak memverifikasi pin, maka iklan di blog ini tidak tayang hampir selama 3 bulan. Apakah saya rugi? Jelas iya, hal ini menunda gaji seorang blogger, mungkin saja hari ini saya sudah menerima gaji jika iklan tidak diband.

Pin google adsense

Sebetulnya, ada satu cara lagi untuk memverifikasi alamat setelah 3 kali request pin tidak kunjung dikirim. Caranya adalah memasukan dokumen berupa KTP pemilik akun. Namun, saya tidak menemukan opsi ini, hanya bantuan Google berupa pertanyaan yang harus diisi. Nyatanya hal itu tidak membantu sama sekali, saya masih tidak bisa memverfikasi alamat. 

Baca juga: Berkenalan dengan Aplikasi Tanya Jawab Quora yang Bikin Kamu Auto Pintar

Di atas kertas, PIN Google Adsense akan sampai di tangan pengguna setelah 2 - 4 minggu. Mungkin saya terlalu hoki untuk mendapatkan pin sampai lebih dari 6 bulan.

Efek dari tidak tayangnya iklan ini membuat saya malas ngeblog, malas nulis dan sebagianya, jadi tidak heran kalau pengunjung blog ini sedikit berkurang. 

Nah, bagi kamu yang masih menunggu kedatangan pin adsense, sabar saja, pasi pinnya akan datang kok tapi gak tau kapan, hehe. Jika kamu rasa sudah terlalu lama menunggu, kamu bisa mendatangi kantor pos yang kecamatannya sama denganmu. Saya pernah menanyakannya lewat email juga, dan ini balasan yang saya dapat:


Kiriman dari adsense pada umumnya menggunakan layanan Surat Universal dan termasuk dalam kelompok small packet atau bungkusan.

Adapun perlakuan kiriman bungkusan adalah sebagai berikut  :

1. Kiriman tidak dapat dilacak karena tidak di input di system Track and Trace.

2. Cara pengiriman tidak dicatat per item hanya diikat/dibendel per jumlah tertentu dimasukkan ke dalam kantung, ditimbang dan dikirim ke negara tujuan.

3. Cara penerimaan berdasarkan fisik kiriman yang diterima, jadi apabila kiriman ternyata tidak terkirim/tertinggal di kantor negara asal tidak dapat diketahui dan diperiksa dimana kiriman tersebut bermasalah.

4. Cara pengantaran dan penyerahan kiriman tidak menggunakan bukti serah.

PIN Google Adsense
PIN Google Adsense: Kirain bakal dibungkus amplop coklat, ternyata tidak.


Kiriman ini tidak bisa dilacak karena tidak punya nomor resi, tidak heran jika petugas pos binggung saat ditanyai keberadaan paket yang dicari. Oke, sekian unek-unek yang saya rasakan saat ini. Terimakasih sudah membaca.

Posting Komentar

0 Komentar