Segala Sesuatu Tentang Burung Love Birds

Segala Sesuatu Tentang Burung Love Birds

Lovebirds adalah salah satu spesies burung terfavorit di seluruh dunia sebagai hewan peliharaan. Mereka cantik dan merupakan burung yang sangat aktif. Siapa pun yang mengunjungi pet shop, kagum dengan kecantikan dan pesona mereka. 

Hanya ada sedikit masalah yang muncul pada lovebirds untuk pemilik atau penjaga mereka selama masa hidup mereka. Secara keseluruhan, Mereka adalah hewan yang baik dan dapat berkembang biak dengan baik dalam semua kondisi dan dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: Sisi Gelap Ayam Cemani


burung love bird

Satu masalah besar yang dihadapi dalam memelihara lovebirds adalah masalah infeksi mata mereka. Ketika kamu membeli lovebird baru dan membawanya pulang, terkadang kamu melihat bahwa mata mereka terinfeksi setelah beberapa hari. Masalah ini dapat mengancam jiwa untuk lovebird kamu dan membuat kita menjadi pusing dibuatnya . Tetapi ada cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini tanpa banyak kesulitan.

Penyakit infeksi mata lebih sering terjadi pada musim kering di negara-negara tropis seperti Indonesia, yaitu pada bulan Maret hingga september. Pada bulan-bulan ini suhunya sering mencapai di atas 40 derajat Celcius. Penyakit ini lebih mempengaruhi burung muda dan terutama ketika kamu membeli beberapa burung baru dan membawanya pulang di musim kering nanti. Tanpa perawatan yang tepat, burung kamu akhirnya akan mati.


Baca juga: Kenapa Tikus Putih Sering Digunakan Sebagai Bahan Percobaan?

Beberapa orang memberikan alasan yang berbeda untuk penyebab masalah ini. Beberapa orang akan mengatakan bahwa burung-burung yang kamu beli membawa virus bersama mereka.


love bird

Beberapa orang akan mengatakan bahwa karena perbedaan iklim antara tempat kamu membelinya dan rumah kamu lah yang menyebabkan burung menderita infeksi mata ini. Beberapa orang berpendapat bahwa gigitan nyamuk adalah penyebab penyakit ini. Semakin banyak orang yang kamu temui, semakin banyak pendapat yang akan kamu dapatkan.

Setelah mengamati dan berpengalaman menghadapi penyakit khusus ini. Penyebab utama infeksi mata pada lovebird adalah stress. Burung Lovebird adalah burung yang lebih pemalu dan ketika kamu mengganti tempat atau kandang, mereka merasa tertekan dan jatuh sakit. Karena stress, sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lemah dan karena kondisi cuaca yang panas dan perubahan lingkungan, mata mereka terinfeksi.


Baca juga: Kenapa Mata Kucing Bisa Menyala Dalam Gelap?

Jika kamu membeli beberapa burung baru di rumah atau menggeser beberapa anakan lovebird ke kandang yang terpisah, maka berikan mereka lingkungan yang bebas stress untuk bersantai. Tempatkan kandang burung ke tempat yang tidak terlalu mengganggu burung. Jangan terlalu sering mendekat ke kandang. Jauhkan sangkar burung dari hewan peliharaan lain di rumah seperti kucing dan anjing. Tutupi kandang di malam hari agar mereka bisa tidur nyenyak dan banyak istirahat.

Jika beberapa burung telah timbul infeksi ini, cobalah untuk melakukan perawatan sedini mungkin. Infeksi mata pada tahap awal mudah disembuhkan. Tangkap burung kamu dengan jaring dan berikan beberapa tetes mata ke matanya, yang mengandung Dexamethasone Phosphate dan Chloramphenicol di dalamnya. Beri satu tetes di setiap mata setidaknya dua kali sehari, satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari.


Beberapa lovebird pulih cepat dari perawatan ini sementara beberapa lainnya membutuhkan lebih banyak waktu. Teruslah merawat sampai lovebird kamu pulih sepenuhnya dari infeksi mata. 


Juga tempatkan sarang burung di dalam kandang untuk mengurangi tingkat stress secara keseluruhan. Burung yang kurang stress lebih cepat sembuh dari penyakit ini. Jangan mengubah tempat kandang terlalu banyak dan memberi mereka lebih banyak privasi dan keamanan bagi mereka untuk menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

Posting Komentar

0 Komentar