Cara Melunasi Hutang dengan Berhutang - Pinjaman Online

CASHDIK.COM - Setiap tahun nilai gaji (UMK/UMR) pegawai selalu naik, tapi harga kebutuhan pokok juga naik dengan nilai yang sama, kita sering menyebutnya sebagai lingkaran setan.

Untuk menyiasati keungan agar cukup untuk memenuhi kebutuhan, banyak orang meminjam uang, entah itu ke teman, saudara atau ke jasa pinjaman online (fintech).

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Lewat Aplikasi Pomona

Cara melunasi hutang pinjaman online


Meminjam uang online tidak sembarangan, pastikan jasa fintech tersebut sudah terdaftar di OJK dan tidak ilegal. Mengapa?

Pinjaman online selalu menetapkan bunga dan tenor bagi peminjam. Nilai bunga pinjaman bervariasi, mulai dari 19% - 24% per tahun. Sayangnya hal itu kurang diperhatikan oleh peminjam (asal dapat uang) sehingga mereka terjerat bunga dan binggung memikirkan cara melunasi hutang yang menunggak.

Jalan pintas untuk terbebas dari hutang pinjaman online adalah meminjam uang di jasa fintech lain, artinya 'gali lubang, tutup lubang'.

Melunasi hutang dengan berhutang, tanpa kamu sadari kamu telah terjerat lingkaran setan yang kedua. Tidak apa-apa jika kamu sanggup melunasinya.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin melunasi hutang pinjaman online dengan berhutang.

Baca juga: Review Pinjaman Online Cashwagon, Bikin Menyesal?

Pertama, pastikan tenor (waktu) pinjaman sesuai dengan yang kamu harapkan. Tenor fintech sendiri bermacam-macam, mulai dari 7 hari, 22 hari, 1 bulan, 3 bulan, hingga 1 tahun tergantung jumlah pinjaman yang kamu ambil.

Selanjutnya, suku bunga tidak terlalu mencekik nasabah. Fintech tidak perduli soal kebutuhan kamu, yang mereka mau adalah hutang dibayar sesuai waktu yang disetujui. Jika telat, kamu akan kena denda dan akan terakumulasi jika kamu masih saja tidak membayar.

Pastikan kamu membayar tepat waktu karena bunga tersebut bisa membengkak dan membuatmu terjerat hutang. 

Jika kamu berniat menggunakan jasa pinjaman online untuk melunasi hutang. Kami bisa menyarankan beberapa fintech yang telah kami coba sebelumnya.


1. Kredit Pintar

Cara melunasi hutang pinjaman online

Limit pinjaman Kredit Pintar memang sedikit, awalnya hanya Rp. 500.000 - Rp. 2.300.000. Tapi jika kamu bisa membayar tepat waktu, limit akan dinaikan hingga Rp. 8.000.000. Kredit Pintar juga memberikan kebebasan dalam mengatur tenor/jangka waktu pembayaran, mulai dari 1 bulan - 3 bulan.

2. Home Credit

Cara melunasi hutang pinjaman online

 


Home Credit adalah salah satu fintech kelas atas di OJK, penulis sendiri pernah meminjam dengan limit Rp. 10.500.000 dengan bunga 3.49% per bulan dalam jangka pelunasan 14 bulan. Jika kamu membayar tepat waktu (tidak telat) selama beberapa bulan angsuran (saya lupa tepatnya) kamu tidak dikenakan bunga di angsuran selanjutnya.

3. Kredivo 

Cara melunasi hutang pinjaman online
Selain terkenal karena tagline mereka 'beli sekarang, bayarnya nanti' Kredivo juga menyediakan layanan pinjaman online. Kredivo memberi limit pinjaman minimal Rp. 1.500.000 - Rp. 30.000.000 dan tenor minimal 1 bulan - 12 bulan dengan suku bunga 2.9% per bulan + biaya admin 6% dari total jumlan pinjaman.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mencari Uang Lewat Internet

Sebelum mengajukan pinjaman online di Kredivo, kamu harus mendaftar dengan KTP, Foto selfi, dan mempunyai akun yang pernah digunakan untuk belanja online.

Sejauh ini baru 3 jasa pinjaman online tersebut yang pernah kami gunakan. Maaf jika tidak bisa menyebutkan lebih banyak. Demikian artikel mengenai melunasi hutang dengan berhutang. Sekali lagi, pastikan pinjaman online yang kamu gunakan terdaftar di OJK agar kamu tidak dicurangi.


Posting Komentar

0 Komentar