Kenapa Ban Mobil Balap Dibuat Mulus Sedangkan Kendaraan Biasa Tidak?

CASHDIK.COM - Pernahkah terfikir olehmu mengapa ban mobil balap dibuat mulus tidak seperti ban mobil biasa yang bergelombang? Alasannya cukup sederhana, yakni memaksimalkan area kontak ban dengan permukaan jalan.

Jika seluruh permukaan ban menyentuh aspal jalan maka cengkramannya lebih kuat dibanding ban mobil biasa yang 'menyiayiakannya' dengan rongga.

Baca juga: Kenapa Kehujanan Membuat Kita Demam, Sedangkan Mandi Tidak?

kenapa roda ban mobil balap dibuat halus

Cengkraman yang kuat itu juga berfungsi menaikan kecepatan mobil balap. Ban halus atau slick ini hanya dapat dipakai di kondisi kering. Jika permukaan sirkuit basah, akan ada efek aquaplanning. Ini efek dimana ban seolah mengapung di atas permukaan air sehingga mobil tidak bisa dikendalikan dengan baik.

Jika cuaca sedang hujan, maka mobil balap akan berganti ke ban 'basah'. Tentu hal ini akan merepotkan jika mobil biasa harus berganti ban untuk menyesuaikan dengan cuaca.

jenis-jenis ban mobil f1


Untuk mengatasi efek aquaplanning dibuat garis-garis pada ban untuk mengalirkan air keluar dari permukaan ban. Ban jenis inilah yang sering kita temui pada kendaraan biasa. Ban untuk mobil dan motor jalanan diwajibkan memiliki garis-garis ini agar bisa beroperasi pada segala cuaca.

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Tuyul Tidak Pernah Mencuri di ATM dan Bank

Alur pada ban mobil biasa dibuat untuk menambah cengkeraman karet terhadap permukaan jalan demi handling yang lebih baik, juga kemampuan pengeremannya. 

kenapa roda ban mobil dibuat bergaris


Selanjutnya, agar daya cengkeram bertambah lagi, tapak ban pun dibuat lebih lebar daripada tapak ban mobil biasa. Selain itu, karet yang dipakai lebih lunak dan lebih mudah aus ketika digunakan untuk balapan. Sudah barang tentu usia ban menjadi lebih pendek. Itu pula sebabnya mobil balap selalu masuk pit untuk mengganti ban. 

Posting Komentar

0 Komentar