Apa Sebenarnya Kesepian Itu? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Sebenarnya Kesepian Itu? Bagaimana Cara Mengatasinya?

CASHDIK.COM - Pernahkah kamu merasa kesepian? Acap kali rasa kespian ini muncul disaat kita sedang sendirian di suatu tempat. Namun, apakah kamu tahu apa arti kesepian itu dan darimana datangnya?

Kesepian adalah pengalaman subjektif dimana seseorang merasa tidak diperhatikan, sendirian, tidak berharga, tidak dicintai dan feeling disconnected dengan lingkungan sekitar. 


apa itu kesepian dan bagaimana cara mengatasinya


Kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial, jadi kita butuh berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan emosional, salah satunya, adalah kebutuhan akan koneksi atau keterhubungan dan penerimaan (connection and acceptance).

Kamu salah jika menganggap kesepian hanya terjadi saat kita sendirian. Ironisnya, kesepian pun bisa terjadi di tengah keramaian. Kategori ini disebut dengan social isolation. Artinya, kamu bisa berada di tengah keramaian tetapi kamu merasa sendiri, mempunyai pikiran dan dunia kamu sendiri di tengah orang-orang yang dekat dengan kamu secara fisik. Ada banyak lagi sebenarnya rincian dari akibat kebutuhan emosi yang tidak terpenuhi ini.

Intinya, tidak terpenuhinya kebutuhan emosi dalam hal koneksi dan penerimaan, maka hal itu dapat mengakibatkan seseorang merasa ditolak, susah percaya terhadap orang lain dalam arti yang benar, miskin emosi, cenderung merasa tidak mampu, dan yang terakhir seperti saya sampaikan sebelumnya, merasa sendiri di tengah keramaian, dan akibat-akibat lainnya. Dengan kata lain, ini adalah rincian penjelasan yang berkaitan dengan kesepian.

Baca juga: Kenapa Introvert Mudah Lelah saat Berada di Keramaian?

Artinya, kesepian tersebut bukan semata karena kamu kurang banyak mengikuti pesta, atau kurang banyak berlibur, pada dasarnya, tetapi karena kamu tidak terhubung dan merasa ditolak, terutama dengan orang-orang yang kamu kasihi atau yang kamu harapkan mengasihi kamu.

Ironis yang lain, sekaligus merupakan bukti nyata dari kesepian adalah, tidak peduli seberapa banyak fans atau anggota komunitas kamu, apabila kamu tidak benar-benar terkoneksi dengan orang-orang terutama di lingkaran inti kamu, maka kamu tetap akan merasa kesepian.

Bagaimana cara mengatasi kesepian ini?


bagaimana cara mengatasi kesepian


Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan dengan segera dan bisa mencapai kemajuan seperti berikut ini:

Jangan fokus kepada banyak orang. Kata “fokus” biasanya berkaitan dengan angka yang lebih kecil bukan besar. Jangan kegeeran dengan banyaknya pengikut atau followers kamu di media sosial karena yang benar-benar temanmu hanya segelintir saja.

Fokuslah kepada orang yang terdekat dengan kamu. Fokuslah kepada orang-orang yang seharusnya dekat dengan kamu. Fokuslah pada keluargamu, sahabatmu, dan beberapa relasimu. Bahagiamu tidak ditentukan berapa jumlah temanmu.

Tingkatkan kemampuan komunikasi. Tingkatkan kemampuan untuk mendengarkan dengan empatik; kemampuan bertanya yang baik; berfokus kepada solusi; melatih diri untuk berbicara dengan 'mesra', tidak cenderung menggurui atau berusaha memperbaiki atau menghakimi; mengatasi atau mengantisipasi persoalan hubungan, mengatasi konflik (conflict resolution), bila diperlukan.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Wanita yang Mudah Diajak Berselingkuh

Hargai dan pelihara relasi yang sudah ada. Kalau sudah punya 5–6 orang teman saja itu sudah luar biasa asalkan yang benar-benar dekat ya. Namun bukan berarti kamu harus acuh kepada selain 6 temanmu itu. Tetapi, maksudnya adalah, kita sebenarnya hanya punya waktu yang relatif sedikit. Meski kedengaran kita punya 24 jam per hari, sebenarnya waktu efektif untuk membangun relasi itu sedikit, karena total waktu satu hari masih dibagi lagi dengan tidur 7–8 jam, kerja 8 jam (kalau di Indonesia, kalau di Jepang?), dan kegiatan-kegiatan lainnya. Bagaimana kalau ada macet atau banjir, bisa ketemu, nggak? Susah, kan? Jadilah realistis!

Lakukan kegiatan yang kamu sukai sendirian. Jangan memutuskan tidak mau keluar rumah dan menikmati aktivitas yang kamu sukai hanya karena tidak ada orang yang bisa diajak pergi bersama. Seandainya pada suatu hari kamu ingin makan malam di luar atau menonton film di bioskop, pergilah seorang diri ke restoran yang kamu sukai atau ke bioskop. 

Meskipun pada awalnya kamu mungkin akan merasa canggung melakukan hal ini sendirian karena sudah terbiasa ditemani, lakukan saja. Tidak ada yang aneh jika kamu pergi dan melakukan kegiatan sendirian. Cuek aja bro!

Sumber: Quora

Posting Komentar

0 Komentar