Inilah Asal-usul dan Arti dari Kata Anjay, Anjir, dan Anjeng

CASHDIK.COM -  Dalam kamus besar bahasa kekinian (KBBK) kata ANJAY, ANJIR, ANJENG, dll. sering sekali diucapkan oleh anak-anak muda saat ini. Tapi darimana kata ini berasal dan apa arti kata ANJAY yang sebenarnya?

Sederhana saja, kata ANJIR digunakan untuk memperhalus kata umpatan dari ANJING. Variasi eufimisme lainnya selain ANJIR adalah kata ANJIS. Ya. kata ini telah digunakan bertahun-tahun silam di Sunda (͓±70 tahun lalu), mungkin baru sekarang banyak yang menggunakan.

Baca jugaGak Sembarangan, Ternyata Kalimat Penutup "Wabillahi Taufiq Wal Hidayah" Ada Sejarahnya!

arti kata anjay


Walau akar kata nya adalah dari kata ANJING sebagai umpatan, Anjir waktu itu digunakan sebagai eskpresi beberapa kondisi tertentu. Bukan sekedar sebagai umpatan kasar. Jika digunakan sebagai umpatan pun level nya masih ringan. Tidak sekesal saat menggunakan kata anjing.

Misal:

Kekaguman. Anjiirr! / Anjrittt! Hade pisan gol na. (Gile beneeerr, keren beud gol nya).
Kekesalan yang relatif ringan. Anjrit! Emangna aing pembantu maneh? (Anjrit emangnya gua pembantu elu?) sungut seorang teman yang diminta menandatangani absensi kuliah.

ANJRIT sebagai variasi lain dari ANJIR muncul belakangan pada dekade 90an. Fungsi dan artinya sama dengan anjir.

Belakangan 5 tahun an terakhir kata anjir ini banyak digunakan juga oleh penutur selain bahasa sunda. Dan tidak hanya di Jawa Barat. Variasi baru muncul.. Kata ANJAAY muncul sebagai turunan baru dari kata anjir.

Baca juga: Inilah Sosok 4 Raja di Kartu Remi

Lalulintas mahasiswa, pekerja, dll di kawasan Jawa Bagian barat mempercepat proses penggunaan kata ini.

Sama halnya dengan kata JOMBLO yang telah lebih dahulu menasional.

Intinya, kata Anjir itu yang menciptakan orang Sunda. Berasal dari kata "Anjing". Perlu diketahui bahwa dalam bahasa Sunda loma, kata "Anjing" dan "Goblog" biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari antar teman.

Tidak dalam konteks merendahkan atau menghina. Biasa saja. Sama dengan status kata "jancuk" bagi orang Surabaya. Nah, demikian asal-usul dan arti dari kata Anjay yang sering kita dengar. Semoga menjawab pertanyaan kamu selama ini.

Posting Komentar

0 Komentar