Apa Arti dari Kata "Naraciaga" di Instagram?

CASHDIK.COM - Belakangan ini jagat maya, terutama di Instagram dibanjiri oleh kata "naraciaga" di kolom komentar. Entah siapa yang pertama kali memulai dan anehnya, orang yang menyelipkan kata naraciaga di komentar selelu dibanjiri ribuan like (top komen).  Lantas, apa arti dari naraciaga yang sering dilontarkan netizen?

Apa arti dari Naraciaga?

Seakan menjadi sebuah mantra guna merebut posisi top komen, naraciaga selalu digaungkan netizen yang haus ketenaran. Ternyata kata naraciaga sendiri tidak memiliki arti khusus, melainkan adalah nama dari sebuah akun Instagram. 

arti kata naraciaga di instagram


Pengamat media sosial, Enda Nasution menjelaskan bahwa kata " Naraciaga" memiliki pasukan bot yang membuat penulisnya dapat memperoleh respons yang tinggi atas unggahan maupun komentarnya. 


"@naraciaga itu akun di IG yang sering jadi top comment, karena punya pasukan bot, kalau kita comment dan mention @naraciaga comment atau posting kita akan mendapatkan like yang banyak," ujar Enda dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/3/2020).
Akun tersebut adalah akun yang dikendalikan oleh orang lain yang umumnya kombinasi antara manusia dan skrip. Kata naraciaga juga diprediksi tidak akan viral terlalu lama alias sementara saja, seperti kasus Haqnii yang dulu juga populer. 

Bagaimana cara Naraciaga menjadi top comment?

Singkatnya adalah dengan mengelabui algoritma Instagram. Posisi top comment di instagram ditentukan dari banyaknya interaksi pada suatu komentar. Semakin banyak interaksinya, semakin tinggi posisi komentar tersebut.

Nah sialnya, tingkat interaksi ini dapat dimanipulasi dengan mudah. Contohnya adalah kasus Haqnii, Naraciaga, Yogi.mp4, dan sejenisnya "manipulasi" memanipulasi algoritma. Intinya begini:
  • Cari postingan yang masih baru
  • Berikan komentar yang menarik
  • Like komentar tersebut dengan beberapa akun
  • Menjadi top comment
Nah, apa yang dilakukan Haqnii, Naraciaga, dan Yogi.mp4 adalah bentuk yang lebih terstruktur, sistematis, dan masif dari apa yang saya lakukan di atas. Mereka memiliki ribuan akun instagram yang siap digunakan. Akun-akun ini lumrah disebut dengan server panel oleh mereka.


Dan yang perlu dilakukan hanyalah melakukan otomatisasi (dengan code tertentu) pada server panel agar akun-akun tersebut memberikan like pada komentar tertentu di instagram.

Dengan sekali klik, mereka bisa menambahkan ratusan sampai ribuan like hanya dalam hitungan menit.

Apakah cara yang dilakukan Haqnii, Naraciaga, dll (menggunakan server panel) ini selalu berhasil?

Dulu iya.

Sekarang tidak tentu, karena sepertinya Instagram sudah mulai berbenah. Instagram mulai mengenali pola manipulasi top comment tersebut. Ketika sebuah komentar mendapatkan ribuan like dalam waktu singkat oleh akun-akun yang tidak jelas, bisa jadi pihak Instagram menandai akun yang berkomentar tersebut sebagai akun spam.

Dan efeknya, akun tersebut dibuat seakan-akan tenggelam di dalam riuh instagram.

Posting Komentar

0 Komentar