Kupas Tuntas Pengobatan Alternatif yang Tidak Masuk Akal

CASHDIK.COM - Di dunia ini ada banyak sekali metode pengobatan penyakit, mulai dari pengobatan medis, pengobatan alternatif, hingga pengobatan absurd alias pergi ke 'orang pintar'. Biasanya, orang yang sudah putus asa terhadap pengobatan medis yang tak kunjung membuahkan hasil, mereka akan memilih pindah kepada orang pintar. Bukan hanya masyarakat biasa yang melakukan hal tersebut, bahkan artis pun melakukan hal yang sama.

Sebut saja almarhum Olga Syahputra dan Dewi Persik, sebagai contoh orang yang pernah termakan trik ini yang dipraktikan oleh alamarhumah Umi Zubaedah. Metode yang digunakan Umi Zubaedah adalah sebagai berikut; 

Pertama-tama, Umi menuliskan kalimat berbahasa arab di beberapa kertas putih. Kertas-kertas tadi di taruh dalam sebuah mangkuk, lalu disiram air putih. Fungsinya, agar kertas itu basah sehingga bisa ditempel ke telur yang dibawa pasien atau sudah disiapkan Umi.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Debus Tebas Leher

"Nah habis itu ditunggu sebentar biar kertasnya kering. Baru ditempel ke bagian yang sakit," kata Umi. Anehnya, saat proses yang dinamakan 'penarikan penyakit' ini berlangsung, Umi meminta ruangan dalam keadaan gelap total. Otomatis, kejadian itu tak bisa didokumentasikan. Sambil menempelkan telur, sesekali bibir Umi menyebut nama Tuhan. Source: Liputan6

Setelah beberapa menit, ritual pun selesai dan lampu kembali dinyalakan. Selanjutnya Umi memecahkan telur yang ajaibnya, selain putih dan kuning telur, ada gumpalan mirip daging di dalam telur itu. Menurut Umi, inilah wujud penyakit yang berhasil ia tarik dari tubuh Irma.

Apakah kamu melihat kejanggalan dari cerita di atas? Untuk apa Umi Zubaedah mematikan lampu saat proses penarikan penyakit? Bisa saja Umi melakukan 'trik' dengan pengobatannya, entah dengan ‘mengerjai’ telur atau menukar telur dengan telur yang sudah ‘dikerjai’. 

Apakah hal ini adalah bagian dari fenomena gaib yang hanya bisa dilakukan orang tertentu?


Sebetulnya trik ini bisa dengan mudah dilakukan, caranya sebagai berikut; Pertama belilah telur dan benda pendukung lainnya (isi telur) di warung terdekat. Gunakan gergaji kecil atau apapun untuk membuat celah di cangkang telur. Dari celah itu kita bisa memasukan silet, jarum, darah, atau apapaun sesuai selera anda, asalkan muat di dalamnya. Source: Quora

Setelah semua benda yang dikehendaki dimasukkan, tutup celah itu dengan pasta resin yang diberi partikel dan pewarna yang mirip dengan cangkang telur. Yang terakhir saat show dilakukan, kemaslah dengan gimik yang menarik agar penonton terkecoh.

Baca juga: Rahasia Dibalik Atraksi Mematahkan Besi oleh Prajurit TNI

Secara garis besar, sebuah trik dapat diidentifikasi dari adanya hal-hal berikut:

  • Si praktisi mengenakan atribut khusus: jubah, topi, syal, sarung tangan;
  • Menggunakan peralatan/bahan-bahan khusus dan tidak ada pasien atau siapapun kecuali 'orang dekatnya' yang boleh memeriksa mengangkat, memindahkan peralatan/benda-benda tsb.
  • Dilakukan di ruangan khusus: ruangan yang sudah dirancang untuk bisa menyuplai atau memberikan 'special effect' yang diinginkan si praktisi,
  • Praktisi membutuhkan waktu khusus (untuk mempersiapkan aksi).
  • dilakukan pada/dalam kondisi/suasana khusus: misal pencahayaan (seperti yang dilakukan alm Umi Zubaedah)
  • Ada pembantu khusus yang mendampingi praktisi.
  • Jika salah satu dari hal di atas ada, yakinlah semua fenomena yang anda saksikan hanyalah trik.

Kalaupun ada pasien yang sembuh berkat pengobatan tersebut, kemungkinan hal ini disebabkan karena efek placebo. Efek plasebo adalah sembuhnya pasien dari penyakitnya ketika mengonsumsi obat kosong atau plasebo dan terjadi walaupun terdapat bukti yang berkebalikan. Plasebo biasanya hanya berisi serbuk laktosa yang tidak memiliki khasiat apapun sebagai obat.

Posting Komentar

0 Komentar