Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Menghindari Pencurian Koper di Bandara

CASHDIK.COM - Masalah pencurian bagasi penumpang pesawat memang sudah menjadi momok menakutkan, khususnya di dunia penerbangan Indonesia. Semakin banyaknya oknum yang terbukti melakukan aksi tersebut membuat keamanan dan pelayanan penumpang di bandara ditingkatkan.

Lantas, bagaimana cara oknum pengutil isi koper ini beraksi?



Barang-barang yang biasa menjadi incaran mereka adalah barang berharga seperti, smartphone, emas, uang, perhiasan, laptop, bahkan rokok. 

Bagaimana si pencuri tau koper mana yang berisikan barang berharga?

Oknum yang biasa melakukan pencurian ini adalah bagian porter, tapi mereka tidak sendiri. Biasanya saat barang dimasukan ke pesawat, mereka akan membuka tas atau koper yang sudah ditandai. Untuk itu mereka biasanya bekerja sama dengan petugas yang memeriksa tas/koper dengan sinar X-ray di pintu masuk bandara. 

Baca juga: Menuntut Hak Karyawan yang Seharusnya Dipenuhi oleh Perusahaan

Selanjutnya, tas/koper yang terdeteksi ada barang berharga di dalamnya akan ditandai dan oknum petugas x-ray akan memberitahu petugas bagasi untuk mengeksekusi.

Layaknya pencuri profesional, dalam membuka koper meskipun digembok sekalipun, mereka tak mengalami kesulitan berarti. Mereka juga dibekali kabel ties warna-warni untuk mengganti segel kabel ties yang mereka rusak pada saat membongkar koper/tas.




Dari penuturan salah satu oknum, pesawat yang akan melakukan penerbangan dengan sistem transit adalah yang paling sering jadi korban kejahatan mereka. Pasalnya, dengan sistem transit akan membuat penumpang bingung di bandara manakah barang mereka dicuri.

Penumpang umumnya juga tidak mempunyai dasar hukum yang kuat untuk menuntut karena ada peraturan untuk tidak meletakkan barang berharga di bagasi pesawat.

Lalu apa solusi untuk menghindari pencurian di bandara?


1. Bungkus koper menggunakan plastik wrap



Wrapping koper adalah salah satu cara paling aman, karena mereka tidak punya alat untuk membungkus wrapping saat melakukan operasi jahatnya.

Karakteristik plastic wrapping adalah ketika sudah dibuka, tidak bisa ditutup kembali. Sobekannya terlihat dan permanen.Hal ini tidak membuat koper kebal bobol, tapi jika dibobol akan lebih cepat ketahuan.

Baca juga: Kupas Tuntas Penipuan Berkedok MLM (Multi Level Marketing)

2. Gunakan gembok TSA (Transportation Security Administration) 

Sebenarnya gembok TSA adalah bagian dari sistem keamanan bandara di Amerika. Gembok ini juga bisa dibuka oleh petugas dengan kunci master, namun mereka akan melampirkan lembar pemberitahuan. 

Untuk mencegah lupa nomor kombinasi gembok, pastikan kamu menuliskan catatan nomornya di dompet. 

3. Hindari penerbangan transit


Seperti poin sebelumnya, bahwa penerbangan dengan sistem transit yang paling sering menjadi sasaran pencurian koper. Hal ini terjadi karena saat transit, bagasi kamu akan dipindah ke pesawat lain dengan proses yang cukup panjang. Mekanisme seperti ini membuat isi bagas kamu rawan hilang. 

Baca juga: Ingin Menabung 10 - 100 Juta Setahun? Begini Caranya!

Catatan: Tulisan ini dibuat agar jadi pelajaran kita semua dan tidak bermaksud mendiskreditkan profesi tertentu karena semua yang terjadi disini adalah ulah beberapa oknum saja.

Kesdik Bayu
Kesdik Bayu Penulis yang masih magang

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Menghindari Pencurian Koper di Bandara"