-->

Apa yang Harus Kita Lakukan saat Terjadi Kebocoran Gas LPG

Kebocoran tabung gas jadi salah satu penyebab kebakaran yang sering terjadi. Sayangnya masih banyak dari kita yang kebingungan mengenai tindakan pertama yang harus dilakukan saat itu juga. 

Artikel ini cukup krusial, pasalnya jika kamu paham dengan isinya, niscaya kamu bisa menyelamatkan seluruh anggota keluarga dari ledakan tabung gas LPG (Liquefied Petroleum Gas). 

Kebocoran gas LPG

Bayangkan, satu hari seorang pria bersama keluarganya pulang ke rumah setelah pergi liburan. Begitu membuka pintu, pria itu mencium aroma gas yang tak jelas asal usulnya. Karena penasaran, ia kemudian menyalakan lampu dan saat itu juga terjadilah ledakan besar yang membuatnya tewas. Ledakan itu juga membuat istrinya dilarikan ke unit ICU. dan bayi yang berada agak jauh dari ledakan berhasil diselamatkan. Alat-alat dapur terlempar hingga ratusan meter.

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Tikus Sering Dijadikan Bahan Percobaan ilmiah

Hal-hal yang harus kamu mengerti ketika mencium bau gas yang terindikasi dari kebocoran tabung gas:

1. Ketika kamu merasakan bau gas, jangan menyalakan lampu dan sebaliknya, jika lampu sudah menyala, jangan mematikannya. Intinya jangan melakukan hal yang dapat menimbulkan percikan api.

2. Bukalah jendela pelan-pelan supaya gas yang memenuri ruangan dapat keluar dan berganti udara bebas.

3. Tutup tabung gas. Jangan nyalakan lampu sampai kamu yakin bahwa bau gas benar-benar hilang.

4.Jika kamu berada di luar rumah, basahi kunci dengan air liur kamu sebelum memasukkannya ke dalam lubang kunci.

5. Jangan menggunakan telepon kamu. Singkirkan jauh-jauh.

Dalam kondisi tertentu, bisa saja sudah terdapat api kecil di sekitar tabung gas. 0Meski begitu, usahakan kamu tetap tenang dan tidak panik saat melihat hal ini. Segera lakukan tindakan tepat untuk mengatasinya.

  • Ambil kain yang terdapat di sekitar dan basahi dengan air.
  • Kemudian, tutup kain basah pada api dan tabung gas tersebut.
  • Kain basah mampu membuat api padam dan menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas tersebut.

Seharusnya, tabung gas harus selalu berada di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Jika bocor, otomatis gas akan keluar melalui sirkulasi udara tersebut. Alasan kenapa bisa meledak karena gas bocor tersebut terperangkap dalam ruang hampa/minim udara.

Selalu buka jendela dekat gas sebelum menyalakan. Dan jika bepergian lama, sangat disarankan untuk melepaskan regulator dari tabung gas.

Catatan: Ada sebuah berita yang beredar bahwa lingkaran merah di tabung gas bisa menjadi penanda kebocoran. Disebutkan bahwa saat memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor, yang perlu dilakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut. 

Tabung gas LPG

Jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah, berarti tabung itu masih aman untuk dilepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas. Selanjutnya, mematikan apinya. Sebaliknya, jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam, berarti tabung elpiji sudah tidak aman dan harus cepat menyelamatkan diri karena tabung akan segera meledak.

Apakah lingkaran merah itu benar-benar menjadi penanda kebocoran gas?

Jawabannya tidak! Informasi yang menyebut lingkaran merah pada tabung gas itu merupakan penanda kebocoran adalah tidak benar alias hoaks. Sejatinya, lingkaran merah tersebut penanda bahwa elpiji barang berbahaya, jadi penggunaannya harus secara hati-hati. Ketentuan itu sesuai dengan aturan yang ditetapkan pada produk berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI). 


LihatTutupKomentar