Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kupas Tuntas Apa yang Ada di Dalam Kepala Si Cowok Introvert

CASHDIK.COM - Pernahkah kamu bertanya soal bagaimana kehidupan cowok introvert? Apa yang mereka pikirkan dan rasakan? Bagaimana kisah percintaan mereka? Bagaimana cara memahami kepribadian introvert itu?

Disini penulis akan mencoba sedikit mengulas tentang inti dari pertanyaan seputar cowok introvert, karena penulis sendiri adalah seorang introvert, hehehe.


Oke, mungkin sempat terlintas di pikiran kamu bahwa cowok pendiem dan misterius itu keren (cool) banget, ya kan? Tapi begitu kamu menemuinya dan mengajaknya ngobrol kok malah kelihatan kayak orang bego, kikuk, grogi, salting, gak nyambung (banyak versinya) jadi kesan cool tadi seoralh pudar.

Baca juga: Apa arti dari sebuah kesepian? Bagaimana cara mengatasinya?

Nah, dari sudut pandang cowok introvert sendiri. Sikap yang cuek dan pendiam itu bukan karena dia ingin terlihat keren tapi ya memang begitu kepribadiannya. Begitu disapa seseorang dia langsung binggung harus bersikap apa karena otaknya belum 'siap' untuk merespon. Jangankan disapa orang baru, ketemu teman lama saja seolah tidak lihat kok biar gak ditanya dan harus mikir ngobrolin apa.

Lantas, apakah cowok yang pendiam itu semuanya adalah introvert? Hampir semuanya adalah introvert, sisanya campursari.

Apakah cowok introvert itu pasti cuek? Cuek ke orang tidak dikenal dan bisa sedikit ramah ke orang yang sudah dikenal baik olehnya. Kadang juga ada momen dimana dia bersikap hangat ke orang lain/

Kepribadian introvert sendiri bukanlah sebuah penyakit. Dalam ilmu psikologi sendiri tidak ada hal pasti yang membuat seseorang menjadi introvert. Semua itu disebabkan berbagai faktor seperti lingkungan, genetik. trauma masa kecil, waktu kecil jarang main, sering menghabiskan waktu di kamar dan lain sebagainya.

Mereka akan menjadi peka saat berada di keramaian, lebih suka mengamati daripada bergabung ke aktifitas tertentu. Intinya mereka tidak akan suka dengan keramaian, lebih baik pulang dan menikmati waktunya sendiri di kamar. Dan apakah kamu tahu apa yang terjadi saat introvert sendirian?

Disitulah sifat ekstrovertnya keluar, saar itulah otak sosialnya aktif. Umumnya mereka akan mencari hal menarik di dunia maya, entah itu forum, media sosial, dan segala sesuatu yang sifatnya maya. 

Mengapa demikian? Karena sebetulnya baik cowok introvert maupun ekstrovert mereka tetap butuh yang namanya interaksi sosial, hanya berbeda tempat dan cara melampiaskannya saja. 

Ironisnya adalah cowok introvert yang kalem di dunia nyata bisa menjadi fakboy di dunia maya. Ada yang seperti itu tapi hanya sebagian kecil saja. Misalnya saja dia tidak berani mengajak wanita untuk berkenalan lsecara langsung, tapi begitu ke sosial media sudah lain cerita. Dia berani kenalan dan bahkan dia punya banyak kenalan wanita di sosmed. 

Untungnya wanita wanita itu tidak menjadi target pasangannya. Mereka hanya menjadi media untuk berinteraksi (hiburan) dan menemani jiwanya yang kesepian itu. Mungkin mereka hanya ingin memuaskan rasa penasarannya saja, seperti ada gak sih cewek yang tertarik denganku? Enak ya punya kenalan cewek banyak, semacam itu sih.

Baca juga: 10 Trik Psikologi untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Lho, kalau punya banyak kenalan, kenapa tidak dijadikan pacar saja salah satunya? Ehm, cowok introvert itu dalam melakukan sesuatu pasti memikirkan pertimbangan atas hasil dari tindakannya itu. Dalam kasus ini dia berfikir kalau punya pacar bisa saja menganggu waktunya, mengurangi produktifitasnya, membuang uang, terikat dengan aturan berpacaran.

Jadi apakah cowok introvert adalah tipe cowok yang lebih setia dibanding para ekstrovert? Ah tidak juga. setia tidaknya seseorang tidak ditentukan oleh jenis kepribadian mereka (intro/ekstro), ini hanya masalah moralitas dan tanggung jawab masing masing individu.

Mau sependiam apapun dia, harusnya dia tidak akan secuek itu jika sudah dipertemukan oleh cinta. Cinta dapat mengubah segalanya menjadi lebih baik dan sebaliknya.

Oh ya, mungkin kamu bertanya tanya tentang topik obrolan apa yang mereka sukai? Kemungkinan besar adalah obrolan yang isinya bukan basa-basi, bukan tentang mengomentari hidup orang lain, gosip, dan hal tidak berkelas lainnya. Maka dari itu ajak dia mengobrol tentang sesuatu yang serius, pancing otaknya untuk bekerja. Cara paling gampang adalah tanyakan hobinya, kenapa ia bisa suka, kenapa dia mau melakukannya, karena pada intinya semua manusia suka membahas apa yang ada di dalam dirinya sendiri. 

Mungkin itu saja materi materi mengenai si cowok introvert dari sudut pandang penulis. Tapi ingat bahwa artikel ini tidak cukup kredibel untuk kamu jadikan referensi dalam menilai seseorang.

Kesdik Bayu
Kesdik Bayu Penulis yang masih magang

Posting Komentar untuk "Kupas Tuntas Apa yang Ada di Dalam Kepala Si Cowok Introvert"