-->

Kerja Sebagai Pramugari Pesawat, Berapa Gajinya?

CASHDIK.COM - Menjadi pramugari pesawat adalah mimpi banyak orang, khususnya wanita yang masih remaja. Mungkin kamu salah satu orang yang bercita-cita menjadi seorang pramugari? Bekerja sebagai pramugari cukup dipandang oleh masyarakat kita, selain gaji yang besar, mereka juga hampir tiap hari berkelling pulau di Indonesia yang eksotik.

Pekerjaan yang terkesan mewah dan menyenangkan. Namun, benarkah demikian? Jika kamu ingin mengetahui seluk-beluk dunia penerbangan, khususnya pramugari maka pelajari terlebih dulu melalui artikel ini.

Apa Arti Pramugari?

Pramugari adalah staf atau karyawan perusahaan pengangkutan umum, baik udara, darat dan laut yang mempunyai tugas utama melayani dan menjaga keselamatan penumpang selama perjalanan berlangsung. Note: untuk pria, biasa disebut dengan pramugara. Sedangkan istilah kepramugaraan adalah hal-hal yang berkenaan dengan pekerjaan di pesawat udara, kereta api, atau kapal.

Bekerja sebagai pramugari penerbangan

Apa Syarat Menjadi Seorang Pramugari?

Dikarenakan tanggung jawab pramugari sedemikian besar, jadi jangan beranggapan bahwa syaratnya akan mudah. Untuk menjadi pramugari, kamu harus harus lulus dari sekolah pramugari atau pendidikan pelatihan pramugari – Flight Attendant Training (FAT). Biaya untuk mengikuti pelatihan ini ditanggung oleh individu calon pramugari sendiri.
Lebih detaill mengenai syarat menjadi pramugari, penulis mengambil referensi dari lowongan pekerjaan yang dibukai oleh maskapai Garuda Indonesia, isinya sebagai berikut:

Kualifikasi Pramugari Garuda Indonesia
  • Warga negara indonesia (WNI)
  • Wanita
  • Bersedia menjadi siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya pendidikan swadaya (biaya pribadi).
Persyaratan Calon Siswa FAT
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Single
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran
  • Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional
  • Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas
  • Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.
Tahapan Seleksi Siswa FAT
  • Pengukuran tinggi/berat badan & Test Penampilan
  • Psikotest & Bahasa Inggris
  • Background Check & Wawancara Kompetensi
  • Pantuhir
  • Medical Examination (Medex).
Tes seleksi calon pramugari sendiri terdiri dari 7 tahapan, di antaranya; pengukuran tinggi badan dan berat badan, penampilan, tes bahasa Inggris, interview, psikotes, tes kesehatan, dan tes pantauan akhir.

Pengalaman bekerja sebagai pramugari

Berapa Gaji Pramugari?

Gaji pramugari pesawat sangat variatif, beda maskapai, beda pula gaji pramugarinya. Sebagai gambaran, gaji pramugari junior pada maskapai Garuda Indonesia adalah sebesar Rp2-3 juta per bulan (mungkin sudah berubah). Sedangkan gaji pramugari seniornya diperkirakan sekitar Rp5-6 juta per bulan.


Jika nominal gaji di atas ditambahkan dengan tunjangan dan bonus kerja, seorang pramugari junior bisa membawa pulang hingga Rp15 juta per bulan. Bahkan, pramugari pesawat terbang yang sudah senior dapat menghasilkan sampai dua kali lipatnya! Yang perlu digarisbawahi, ada banyak faktor yang mempengaruhi besaran gaji pramugari.

Apa Tugas Seorang Pramugari?

Di atas sudah dijelaskan bahwa tugas utama seorang pramugari adalah melayani kenyamanan dan keselamatan penumpang sepanjang perjalanan. Selain itu mereka juga melakukan banyak hal lain yang jarang diketahui orang.

Pelayanan: Pelayanan penumpang yang dimaksud adalah seperti menyediakan minuman, makanan, obat-obatan, selimut, pertanyaan penumpang, memberi perhatian khusus bagi yang sakit atau berkebutuhan khusus, dan sebagainya.

Pengarahan oleh kapten: Sebelum penerbangan, para pramugari dan pramugara diberikan pengarahan oleh sang kapten. Para awak kabin diberikan informasi tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika penerbangan berlangsung salah satunya kondisi cuaca, kemungkinan turbulensi, durasi penerbangan, dan faktor lain yang dapat mempengaruhi penerbangan yang akan datang nantinya, dibahas rinci di pengarahan ini.

Pemeriksaan keselamatan: tugas ini mencakup hal-hal yang bisa terjadi dalam pesawat. Mereka akan memeriksa apabila didapatkan alat keselamatan yang tidak berfungsi dengan baik, contohnya alat pemadam kebakaran, akan mereka ganti sebelum lepas landas.

Menginformasikan standar keamanan bagi penumpang: Pramugari bertanggung jawab untuk memberi pengarahan kepada penumpang tentang standar keselamatan khusus dalam demonstrasi yang dilakukan sesudah boarding berlangsung dan para penumpang telah duduk secara teratur dan rapi.  Penumpang akan diberi tahu tentang cara memasang sabuk pengaman dengan benar, menemukan pintu darurat terdekat, apa yang harus dilakukan ketika turbulensi berlangsung, cara menggunakan rompi pengaman atau perangkat apung, dan cara menggunakan masker oksigen drop-down ketika oksigen di kabin pesawat berkurang.

Membantu pilot dan co-pilot: Tugas seorang pramugari selanjutnya adalah wajib menjadi assist cockpit selama penerbangan apalagi penerbangan internasional yang membutuhkan waktu tempuh lebih lama. Pramugari harus memastikan tugas safety penerbangan, misalnya mengecek kondisi pilot dan co-pilot secara berkala.

Sisi Gelap Pramugari

Semua jenis pekerjaan pasti ada sisi 'gelappnya' atau tidak enaknya menjadi pramugari pesawat, seperti; kamu harus rela bangun dini hari, sekitar jam 2 dini hari untuk siap-siap berangkat kerja. Harus kuat bangun pagi buta untuk di jemput, minimal 2- 3 jam sebelum ETD pesàwat kamu berangkat/take off. Misal kami ada jawal take off Jakarta Makasar jam 06.00, maka kamu harus siap-siap di jemput sekitar jam 3 an pagi.

Harus sabar. Menjadi pramugari dituntut untuk senyum sapa seramah mungkin kepada penumpang. Kesabaran kamu akan diuji saat bertemu penumpang yang sifatnya jelek, aneh, rewel dan komplain tentang sesuatu yang tidak seharusnya. 

Bisnis 'lendir', iya kamu tidak salah baca. Bisa saja pramugari memberikan pelayanan 'plus-plus' di atas pesawat. Kasus ini pernah terjadi pada maskapai penerbangan di Timur Tengah. Seorang pramugari kepergok memberikan layanan 'servis lain' di toilet pesawat. Setelah ditangkap dan diinterogasi, akhirnya pelaku mengaku.

Total uang yang didapatkan sekitar 650 ribu poundsterling atau sekitar 14 miliar rupiah. Perbuatannya sempat mencoreng nama baik maskapai, akhirnya sang pramugari langsung dipecat dari pekerjaannya.

Nah, begitulah gambaran mengenai pekerjaan sebagai pramugari pesawat terbang. Perlu kamu ketahui jika sejatinya setiap pekerjaan memang memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing. Jadi berminatkah kamu untuk mencobannya?
LihatTutupKomentar