-->

11 Cara Mencari Uang dari Internet Tanpa Modal - Terbaru

Cara mencari uang lewat internet sebenarnya susah-susah gampang. Susah kalau kamu tidak tau caranya, gampang kalau tau tekniknya. Apalagi di masa transisi pandemi seperti sekarang dimana banyak orang tidak bekerja dan sibuk mencari sampingan kala di rumah.


Banyak sekali artikel yang membahas cara mendapatkan uang lewat internet tanpa modal. Tapi saya perhatikan tidak ada yang benar-benar mengajarkan secara detail. 


Cara mencari uang lewat internet

Ibaratnya mereka hanya membawa kita ke pintu masuk rumah, tidak dijelaskan/dibawa ke dapur, kamar dan sebagainya, sebatas ruang tamu saja. Pada artikel kali ini penulis akan menjelaskan segamblang mungkin, apabila dirasa kurang jelas silahkan masuk ke link yang saya sediakan.


Daftar di bawah ini membahas soal cara mendapatkan uang secara online bermodal koneksi internet dan hp/laptop. Simak baik-baik.

Cara mencari uang lewat internet


1. Berjualan di marketplace

Cara yang paling mudah dan paling banyak diketahui perkara mencari penghasilan lewat internet adalah marketplace, iya jualan online. Sayangnya, karena sudah banyak yang mengetahui maka persaingan menjadi sangat-sangat ketat.


Kita lihat saja di Shopee, Tokopedia, BukaLapak, Blibli dan sebagainya, persaingan harga tak bisa dihindari, saling sikut toko sebelah sudah biasa. Untuk itu, berjualan di marketplace sebagai bentuk mencari penghasilan tambahan perlu usaha besar.


Jika kamu masih awam perkara jualan online dan baru pertama merintis toko, saya sarankan untuk berani modal untuk beriklan, itu adalah cara paling cepat untuk memperoleh pembeli pertama. Untuk penjelasan lengkapnya, silahkan kunjungi link di daftar judul.

2. Membangun website (blogger)

Membangun website adalah salah satu cara yang saya lakukan demi mendapat penghasilan lewat internet. Memang sudah berapa uang yang saya hasilkan dari website ini? Jujur saja bulan depan adalah gaji pertama saya, hahaha.


Iya, saya jujur soal ini, lagian pembaca juga tidak mau ditipu kan? Bisa dibilang kalau mencari uang secara online dengan membangun website adalah cara yang sungguh sulit, mungkin lebih sulit dibanding marketplace. 


Jika baru pertama merintis, jangan pikirkan dulu berapa penghasilan yang akan didapat, pikirkan dulu bagaimana caranya website kita bisa dikunjungi orang-orang, tulisan kita banyak dibaca, dan artikel kita muncul di halaman pertama google.


Hal itu yang harus kita fokuskan dan caranya pun sangat sulit. Mulai dari membuat artikel panjang, SEO, membuat backlink, riset kata kunci, dan sebagainya. Jadi pikirkan itu dulu sebelum mengharapkan penghasilan dari internet.

3. Menjadi YouTuber

Menjadi YouTuber (kreator video di YouTube) sudah sangat mainstream. Banyak sekali orang yang mencoba peruntungan mereka dengan mencari penghasilan lewat video. Memang sih, menjadi YouTuber pemula hanya butuh koneksi internet untuk mendapatkan uang, tapi caranya juga sulit.


Hampir sama kasusnya dengan mencari uang lewat website, YouTuber perlu yang namanya membangun channel, membuat video, promosi, dan branding sebelum konten tersebut menghasilkan uang.


Tapi jangan skeptis dulu, memang caranya sulit tapi masih memungkinkan. Upload saja video semau kamu, pastikan konten/niche nya sesuai dengan keinginan. Memang prosesnya lama tapi tidak mustahil kok.

4. Bermain trading 

Banyak orang yang menilai bahwa trading itu judi, iya kalau kamu bermain di platform ilegal yang hanya menebak naik turunnya harga. Sebenarnya saya bimbang untuk memasukan trading ke daftar cara mencari uang lewat internet karena saya sendiri tidak terlalu paham.


Cara ini mebutuhkan modal di awal seperti layaknya investasi, dan pastikan kamu mendaftar ke situs/platform yang legal supaya tak ditipu investasi bodong. Saya tekankan sekali lagi, cek dulu platformnya dan jika masih awam sebaiknya jangan karena ini sensitif, perlu modal di awal, rawan scam.


Namun jika kamu sudah paham, bukan tidak mungkin kalau trading bisa menghasilkan uang hanya modal hp saja. 

5. Mencari uang lewat internet photos

Cara menghasilkan uang lewat internet photos sebaiknya didasari oleh hobi fotografi. Kenapa? Karena  tidak ada yang lebih baik selain menghasilkan uang dari apa yang kita sukai. Kamu bisa mengikuti kontes fotografi atau menjual foto ke situs penghasil uang.


Sekarang ini sudah banyak sekali situs/website yang bisa menghasilkan uang dengan gambar seperti Shutterstock, EyeEM, iStock, GettyImage, dan sebagainya. Caranya adalah upload foto kamu ke salah satu situs fotografi, kemudian tunggu sampai ada yang membeli foto tersebut.


Nominal yang diperoleh bervariasi tergantung kualitas gambar yang kamu sajikan. Jika tertarik dengan cara mencari uang secara online lewat foto, pelajari dulu tips soal fotografi.

6. Mengikuti survey online

Apakah kamu adalah orang tanpa keahlian? Ingin mendapat uang dari internet modal hp saja? Ingin dirumah tapi dapat uang? Ya ini caranya. 


Mengikuti survey online tidak perlu keahlian khusus, kamu hanya perlu smartphone/laptop dan koneksi internet. Caranya adalah daftarkan diri kamu ke situs survey, kerjakan survey yang disediakan, dan kamu akan dibayar.


Pengerjaan survey harus cepat karena kuota terbatas dan rebutan dengan pengguna lain. Situs penyedia survey online itu banyak sekali dan kamu perlu selektif karena tidak semua situs terbukti membayar.

7. Menyediakan jasa online

Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan jasa menjadi sangat bervariasi, mulai dari jasa penulis, edit video, edit gambar, sampai ke jasa teman online dan bully online juga ada! Saya tidak bohong, ada jasa yang menawarkan bully ke seseorang dan mereka dibayar untuk merundung korban.


Karena poduk jasa sekarang sudah sangat banyak, kamu bahkan bisa mencari ide sendiri untuk menawarkan jasa lewat internet. Situs penyedia jasa ini juga ada banyak, contohnya Fastwork, NusaTalent, SribuLancer, Fiver dan sebagainya, silahkan pilih salah satu yang cocok untukmu.

8. Menulis 

Hampir sama dengan menjual jasa online, kali ini lebih spesifik ke bidang penulisan. Kamu bisa "menjual" tulisan kamu dan mulai menghasilkan uang lewat internet. Tipe tulisan ini bermacam-macam, mulai dari artikel singkat, naskah, dan novel.


Pastikan kamu mempunya keahlian di bidang penulisan atau minimal tertarik dengan tulis menulis. Jika kurang mengusai, sebaiknya belajar dulu. Saya sebelum menulis di website juga awalnya belajar di forum seperti Kaskus, selain di sana tidak pakai EYD, kita juga dibayar jika menulis.


Situs yang bisa membayar tulisan itu ada banyak sekali, seperti Kaskus, Mojok.co, Wattpad, Steemit, Brilio, IDN Times dan masih banyak lagi. Semua situs tersebut punya standar yang berbeda dalam meninjau artekil sebelum tulisan kamu dipublish dan mulai menghasilkan uang.

9. Mencari uang lewat aplikasi

Kalau yang satu ini adalah cara mencari uang lewat aplikasi online. Cara kerjanya sangat mudah, kamu hanya perlu menginstal aplikasi dan mulai mengerjakan tugas yang disediakan aplikasi tersebut.


Sangat mudah, tanpa modal, hanya butuh smartphone dan internet kamu bisa menghasilkan uang. Aplikasi ini bermacam-macam, contohnya: Nusatalent, Sampingan, Nusaresearch, Neo+, TikTok, dan sebagainya.

10. Dropship

Cara kerjanya hampir sama dengan berjualan di marketplace, bedanya dropshiper tidak perlu pegang barang (fisik) langsung. Singkatnya, dropsip mirip dengan reseller, tanpa pegang barang karena sudah dikirim langsung dari suplayer.


Kelemahan dari cara ini adalah kamu tidak bisa cek fisik barang, stok tergantung suplayer, sulit menemukan suplayer, suplayer harus fast respon dan keuntungan yang kamu peroleh sedikit. 


Perkembangan dropship ini sejalan dengan masifnya belanja online di marketplace Indonesia. 

11. Menjadi pegiat sosial media/influencer

Kamu pasti sering mendengar istilah selebgram, selebtweet, dan sebagainya. Mereka adalah konten kreator dari sosial media masing-masing. Yang membayar mereka bukan platform media sosial, melainkan iklan pihak luar (endorse).


Cara ini bisa dibilang lumayan sulit dan prosesnya lama karena kamu perlu membangun branding, mencari followers, dan sebagainya. Jika kamu tidak kreatif, minimal kamu harus cantik dan ganteng karena netizen selalu suka dengan visual.


Demikian pembahasan mengenai cara mencari uang lewat internet tanpa modal. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapat penghasilan tambahan selagi di rumah. Terima kasih sudah membaca.

LihatTutupKomentar